SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XI/IPA
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. | · Komponen Kimiawi Sel · Struktur sel dan fungsinya. | · Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang komponen kimiawi sel. · Melakukan pengamatan mikroskopis bentuk dan hewan dan tumbuhan. · Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur, charta/gambar sel/CD interaktif/penelurusan internet. · Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya dari literatur. · Membuat desain model sel hewan/sel tumbuhan dengan penugaan tidak berstruktur. | · Menjelaskan komponen kimia sel. · Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. · Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya · Mendesain SILABUS · · · · Nama Sekolah : SMA · Mata Pelajaran : Biologi · Kelas/Program : XI/IPA · Semester : 1 · Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan · · Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Sumber/ · Waktu Bahan/Alat · (menit) · · 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. · Komponen Kimiawi Sel · Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang komponen kimiawi sel. · Menjelaskan komponen kimia sel. Jenis tagihan: 8 X 45’ Sumber: · · Struktur sel dan fungsinya. · Melakukan pengamatan mikroskopis bentuk dan hewan dan tumbuhan. · Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, laboratorium. · · Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur, charta/gambar sel/CD interaktif/penelurusan internet. · Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya · · Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya dari literatur. · Mendesain karya model sel. Bentuk instrumen: Alat: · · Membuat desain model sel hewan/sel tumbuhan dengan penugaan tidak berstruktur. Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. Mikroskop, silet/ mikrotom, Kaca penutup, kaca objek, gelas kimia, pipet, OHP/ Komputer, LCD. · · Bahan: · LKS, bahan presentasi, sediaan segar/aweta sel hewan/ tumbuhan, air. · · 1.2 Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan. · Perbedaan sel hewan dan tumbuhan. · Mengamati charta/gambar/foto mikroskopis sel hewan dan tumbuhan menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. · Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. Jenis tagihan: 6 X 45’ Sumber: · · Organel sel hewan dan tumbuhan. · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/CD interaktif/ penelusuran internet tentang organel sel hewan dan tumbuhan. · Menjelaskan organel-organel yang dimiliki masing-masing sel tumbuhan dan hewan. Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium. · · Membuat model sel, bagian-bagian dan fungsinya. · Menjelaskan fungsi masing-masing organel yang dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan. · · Mengkomunikasikan hasil karya di depan kelas. · Membuat model sel hewan/ tumbuhan dengan bagian-bagian dan fungsinya. Bentuk instrumen: Alat: · Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.. OHP/Komputer, LCD. · · Bahan: · LKS, Bahan presentasi, CD interaktif sel dan organel. · 1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksosito-sis). · Difusi · Melakukan percobaan difusi air dan osmosis menggunakan kentang/bengkuang/pepaya/labu siam dan plasmolisis dengan daun tumbuhan Rhoe discolor melalui kerja kelompok. · Menjelaskan ciri-ciri transpor secara difusi dan osmosis. Jenis tagihan: 2 X 45’ Sumber: · · Osmosis. · Mengidentifikasi penerapan pemahaman difusi dan osmosis pada fungsi kehidupan. · Menjelaskan terjadinya peristiwa plasmolisis. Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Buku acuan yang relevan, laboratorium. · · Menjelaskan penerapan konsep transfor yang terjadi pada sel pada pengawetan bahan makanan/fungsi kehidupan. · Bentuk instrumen: Alat: · Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. OHP/komputer, LCD, difusi apparatus. pelubang gabus, pisau, timbangan, piala kimia. · · Bahan: · LKS, bahan presentasi, kentang/pepaya/ bengkuang/labu siam, air, gula, KMnO4. · · · Transpor aktif. · Melakukan kajian literatur/selancar internet untuk menemukan mekanisme transpor aktif, endositosis dan eksositosis dengan penugasan mandiri terstruktur. · Membedakan mekanisme transfor aktif dan pasif. Jenis tagihan: 2 X 45’ Sumber: · · Endositosis/eksositosis · Membedakan berbagai konsep transpor aktif, endositosis dan eksositosis dari berbagai hasil kajian dengan diskusi kelas. · Menjelaskan proses dan memberikan contoh endositosis dan eksositosis Tugas individu, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Buku acuan yang relevan, internet. · · Bentuk instrumen: Alat: · Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. OHP/komputer, LCD. · · Bahan: · LKS, bahan presentasi, CD interaktif. · · · Penerapan konsep transpor melalui membran. · Merancang dan melaksanakan percobaan seperti pembuatan manisan/pembuatan ikan asin dengan bahan, seperti buah jambu air, buah ceremai, buah strawberi, rumput laut dll.*) membuktikan transpor melalui membran dalam pengawetan makanan. · Membuat makanan awetan dengan konsep transpor melalui membran Jenis tagihan: 2 X 45’ Sumber: · Tugas kelompok, unjuk kerja. Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium. · *) Dapat dibelajarkan jaenis-jenis bahan makanan yang diawetkan sesuai dengan kekhasan masing-masing daerah/wilayah. · Bentuk instrumen: Alat: · Produk pengamatan sikap OHP/komputer, LCD. · · LKS, bahan presentasi, buah-buahan.karya model sel. | Jenis tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 8 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, laboratorium. Alat: Mikroskop, silet/ mikrotom, Kaca penutup, kaca objek, gelas kimia, pipet, OHP/ Komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, sediaan segar/aweta sel hewan/ tumbuhan, air. |
| | | | | | |
1.2 Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan. | · Perbedaan sel hewan dan tumbuhan. · Organel sel hewan dan tumbuhan. | · Mengamati charta/gambar/foto mikroskopis sel hewan dan tumbuhan menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/CD interaktif/ penelusuran internet tentang organel sel hewan dan tumbuhan. · Membuat model sel, bagian-bagian dan fungsinya. · Mengkomunikasikan hasil karya di depan kelas. | · Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. · Menjelaskan organel-organel yang dimiliki masing-masing sel tumbuhan dan hewan. · Menjelaskan fungsi masing-masing organel yang dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan. · Membuat model sel hewan/ tumbuhan dengan bagian-bagian dan fungsinya. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.. | 6 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium. Alat: OHP/Komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan presentasi, CD interaktif sel dan organel. |
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksosito-sis). | · Difusi · Osmosis. | · Melakukan percobaan difusi air dan osmosis menggunakan kentang/bengkuang/pepaya/labu siam dan plasmolisis dengan daun tumbuhan Rhoe discolor melalui kerja kelompok. · Mengidentifikasi penerapan pemahaman difusi dan osmosis pada fungsi kehidupan. | · Menjelaskan ciri-ciri transpor secara difusi dan osmosis. · Menjelaskan terjadinya peristiwa plasmolisis. · Menjelaskan penerapan konsep transfor yang terjadi pada sel pada pengawetan bahan makanan/fungsi kehidupan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, laboratorium. Alat: OHP/komputer, LCD, difusi apparatus. pelubang gabus, pisau, timbangan, piala kimia. Bahan: LKS, bahan presentasi, kentang/pepaya/ bengkuang/labu siam, air, gula, KMnO4. |
| · Transpor aktif. · Endositosis/eksositosis | · Melakukan kajian literatur/selancar internet untuk menemukan mekanisme transpor aktif, endositosis dan eksositosis dengan penugasan mandiri terstruktur. · Membedakan berbagai konsep transpor aktif, endositosis dan eksositosis dari berbagai hasil kajian dengan diskusi kelas. | · Membedakan mekanisme transfor aktif dan pasif. · Menjelaskan proses dan memberikan contoh endositosis dan eksositosis | Jenis tagihan: Tugas individu, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, CD interaktif. |
| · Penerapan konsep transpor melalui membran. | · Merancang dan melaksanakan percobaan seperti pembuatan manisan/pembuatan ikan asin dengan bahan, seperti buah jambu air, buah ceremai, buah strawberi, rumput laut dll.*) membuktikan transpor melalui membran dalam pengawetan makanan. *) Dapat dibelajarkan jaenis-jenis bahan makanan yang diawetkan sesuai dengan kekhasan masing-masing daerah/wilayah. | · Membuat makanan awetan dengan konsep transpor melalui membran | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, buah-buahan. |
Standar Kompetensi : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas.
Kompetensi Dasar | Materi Pembeljaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan. | · Struktur jaringan tumbuhan. | · Melakukan pengamatan mikroskopis berbagai macam jaringan dari bagian akar, batang, daun, buah, dan bunga.*) · Membandingkan gambar hasil pengamatan dengan gambar/foto dari kajian literatu/CD interaktif/ selancar internet /charta. · Melakukan diskusi kelas tentang macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya, berdasarkan gambar/ foto hasil pengamatan dan kajian. *) Dapat dibelajarkan untuk mengenal jaringan spesies tumbuhan khas wilayah/daerah masing-masing. | · Menggambarkan berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan. · Mengidentifikasi ciri-ciri macam-macam jaringan berdasarkan bentuk dan lokasinya. · Membedakan struktur jaringan tumbuhan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 4X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet, lingkungan sekolah, laboratorium. Alat: Mikroskop, silet/ mikrotom, kaca objek, kaca penutup, gelas kimia, pipet, OHP/ komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, Akar, batang, daun, buah, bunga tumbuhan yang lunak, air. |
| · Fungsi masing-masing jaringan. | · Mengkaji literatur untuk menemukan berbagai fungsi jaringan tumbuhan. · Menganalisis fungsi macam-macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya dengan menggunakan gambar melalui diskusi. | · Menjelaskan fungsi berbagai macam struktur jaringan tumbuhan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, |
| · Sifat Totipotensi. | · Diskusi sifat totipontensi jaringan yang dimiliki tumbuhan. · Mengkaji buku literatur untuk menemukan cara membuat kultur jaringan pada satu jenis tumbuhan melalui tugas mandiri. · Membuat charta urutan proses kultur jaringan suatu tumbuhan. | · Mengkaitkan sifat totipotensi jaringan dengan teknik kultur jaringan. · Menjelaskan prinsip-prinsip dasar kultur jaringan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, |
| | | | | | |
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkan-nya dengan fungsinya | · Struktur jaringan hewan. | · Melakukan pengamatan mikroskopis sediaan jadi menemukan berbagai macam struktur jaringan hewan vertebrata melalui kerja kelompok. · Membandingkan gambar hasil pengamatan dengan gambar/foto dari kajian literatu/CD interaktif/selancar internet/charta. · Mengidentifikasi macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya, berdasarkan gambar/ foto hasil pengamatan dan kajian. | · Menggambarkan berbagai macam jaringan. · Mengidentifikasi struktur masing-masing jaringan berdasarkan gambar hasil pengamatan dan kajian. · Menunjukan macam jaringan berdasarkan lokasinya pada tubuh hewan vertebrata/ manusia | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 4X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, bahan presentasi,CD interaktif tentang jaringan hewan/ manusia. |
| · Fungsi jaringan hewan vertebrata. | · Mengkaji literatur untuk menemukan berbagai fungsi jaringan hewan melalui penugasan. · Menganalisis fungsi macam-macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya dengan menggunakan gambar melalui diskusi. | · Mengenal fungsi macam-macam jaringan hewan. · Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan fungsinya. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi,CD interaktif tentang jaringan hewan/manusia |
| · Tumor/kanker. | · Menggali informasi dari literatur/ CD interaktif/ penelurusan internet menemukan deskripsi tentang tumor/kanker melalui tugas individu. · Mendiskusikan hasil kajian dari berbagai sumber tentang tumor/ kanker. · Mengkomunikasikan/ mempresentasikan hasil kajian tentang tentang tumor/kanker melalui diskusi | · Menjelaskan pengertian tumor/kanker. · Menjelaskan faktor pencetus terjadinya tumor/kanker · Menunjukkan macam-macam kanker yang terjadi pada manusia. | Jenis tagihan: Tugas individu, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi,CD interaktif tentang tumor/kanker. |
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia | · Struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi pada manusia | · Melakukan kajian literatur menemukan struktur, fungsi tulang, sendi, dan otot. · Menganalisis bangun persendiaan menggunakan charta persendian /model rangka menemukan konstruksi ikatan antar tulang. · Melakukan pengamatan struktur tulang ayam yang sudah di rendam HCl di bawah mikroskop melalui kerja kelompok. | · Mengidentifikasi struktur dan fungsi tulang, sendi, dan otot dalam sistem gerak · Menggambarkan struktur tulang, otot dan sendi. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, laboratorium. Alat: OHP/komputer, LCD, mikroskop, silet, kaca objek, kaca penutup, gelas kimia, model rangka. Bahan: LKS, bahan ajar, bahan presentasi, tulang ayam, larutan HCl 10% |
| · Proses gerak | · Mengamati proses terjadinya gerakan dengan pemodelan melalui diskusi kelompok. · Menganalisis terjadinya gerak biasa dan gerak refleks melalui pemodelan. · Membuktikan otot sebagai alat gerak aktif dengan menggunakan otot betis kodok yang diberikan rangsangan pada frekuensi waktu tertentu dengan kerja kelompok. | · Menjelaskan keterkaitan tulang, otot dan sendi dalam sistem gerak. · Menjelaskan terjadinya proses gerak: gerak biasa dan gerak refleks. · Mengurutkan proses terjadinya sebuah gerakan. · Menjelaskan mekanisme kerja otot sebagai alat gerak aktif. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, laboratorium. Alat: OHP/komputer/LCD, mikroskop, silet, kaca objek, kaca penutup, statif, cawan petri. Bahan: LKS, bahan ajar, bahan presentasi, otot kodok, larutan ringer, benang. |
| · Kelainan/penyakit pada sistem gerak | · Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan berbagai penyebab/ penyakit/kelainan yang terjadi pada sistem gerak. · Mengkomunikasikan hasil studi tentang kelainan/penyakit pada sistem gerak melalui diskusi kelas. | · Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan/gangguan pada sistem gerak. · Menjelaskan cara menghindari/rehabiliitasi berbagai penyakit pada sistem gerak. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, bahan ajar, bahan presentasi, CD interaktif. |
| · Teknologi rehabilitasi pada kelaiinan/ kerusakan sistem gerak. | · Menghimpun keterangan dari berbagai sumber literatur/internet tentang penggunaan teknologi untuk merehabilitasi kerusakan sistem gerak dengan penugasan mandiri. · Mengkomunikasikan hasil studi literatur/internet tentang penyebab penyakit/kelainan dengan menggunakan teknologi untuk merehabilitasi kerusakan sistem gerak melalui diskusi. | · Membuat laporan hasil studi pemanfaatan teknologi pada kerusakan sistem gerak. | Jenis tagihan: Tugas kelompok. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, bahan presentasi. |
| | | | | | |
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah | · Struktur dan fungsi darah | · Melakukan pengamatan komponen darah dari preparat apusan darah. · Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur untuk menemukan struktur darah pada manusia. · Mendiskusikan komponen dan fungsi darah pada manusia. · Melakukan tes golongan darah sendiri. · Mendiskusikan prinsip dasar penggolongan darah manusia. · Mendiskusikan dasar-dasar transfusi darah pada manusia. | · Menjelaskan komponen darah: plasma dan sel-sel darah. · Menjelaskan fungsi darah. · Menggambarkan macam-macam sel darah · Menjelaskan fungsi darah pada manusia. · Menentukan golongan darah seseorang. · Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah. · Menjelaskan dasar-dasar transfusi darah. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk tes pilihan ganda sikap, ulangan. | 4X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, laboratorium. Alat: OHP/komputer, LCD, torso manusia, mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pembakar spiritus. Bahan: LKS, bahan ajar, bromtymolblue, korek api, darah., Serum anti A-serum anti B, charta sel-sel darah manusia. |
| · Struktur alat peredaran darah · Proses peredaran darah manusia | · Menggunakan charta peredaran darah menganalisis struktur alat peredaran darah dan proses peredaran darah manusia melalui diskusi kelas. | · Menjelaskan alat-alat/proses peredaran darah. · Membedakan antara pembuluh vena dan arteri. · Membedakan peredaran darah balik dan peredaran darah nadi. · Membedakan peredaran darah pendek dan peredaran darah panjang dan lintasan/alat-alat yang dilalui. | Jenis tagihan: Ulangan harian, ulangan tengah semseter, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Tes pilihan ganda sikap, ulangan harian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, torso manusia Bahan: LKS, bahan ajar, bahan presentasi, charta sistem peredaran darah manusia. |
| · Kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah · Teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah | · Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan penyakit/penyebab berbagai penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia secara mandiri. · Melakukan kajian dari koran/majalah/penelusuran internet/ literatur menemukan penggunaan teknologi dalam membantu gangguan sistem peredaran darah. · Melakukan diskusi kelas tentang penyakit/kelainan dan penggunaan teknologi dalam merehabilitasi gangguan/penyakit pada sistem peredaran darah | · Mengenal berbagai kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah. · Menjelaskan penyebab kelainan/penyalit yang terjadi pada sistem peredaran darah. · Menjelaskan upaya menghindari/rehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, torso manusia, Bahan: LKS, bahan ajar, bahan presentasi, gambar/foto pemanfaatan teknologi dan kelainan/penyakit sistem peredaran darah. |
| · Peredaran darah hewan | · Membandingkan sistem peredaran darah pada berbagai hewan menggunakan charta. · Mengidentifikasi ciri khas sistem peredaran masing-masing hewan . · Mengkaji literatur sistem peredaran darah berbagai hewan. | · Menjelaskan sistem peredaran darah berbagai hewan. · Mengidentifikasi alat-alat peredaran darah berbagai hewan. · Mengidentifikasi ciri khas berbagai sistem peredaran darah berbagai hewan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk tes pilihan ganda, tes uraian, pengamatan sikap. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan ajar, bahan presentasi, gambar/foto/ charta sistem peredaran berbagai hewan. |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : XI/IPA
Semester : 2
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia) | · Makanan | · Menyusun menu makanan yang dikonsumsi selama 3 hari meliputi jenis, jumlah dan komposisi makanan melalui penugasan mandiri. · Melakukan uji kandungan zat makanan dari berbagai bahan makanan yang umum dikonsumsi dengan kerja kelompok. · Melakukan diskusi makanan yang sehat/higienis dan menu makanan yang seimbang. | · Menjelaskan cara menguji kandungan zat makanan berupa protein, lemak, glukosa, amilum. · Menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan dalam makanan. · Menjelaskan kategori makanan yang sehat dan menu yang seimbang. | Jenis tagihan: Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan., lingkungan rumah. Alat: OHP/komputer, LCD, tabung reaksi, pembakar spiritus, penjepit tabung reaksi, lumpang dan alu, gelas kimia. Bahan: LKS, bahan presentasi, berbagai bahan makanan, reagen benedict, biuret, KI, air. |
| · Sistem pencernaan makanan manusia | · Menggunakan torso mengenali tempat kedudukan alat dan kelenjar pencernaan serta fungsinya melalui penugasan kerja kelompok. · Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan bagaimana bahan-bahan makanan berupa karbohidrat, lemak dan protein di cerna. · Membuat tabel alat/kelenjar pencernaan dan fungsinya serta perubahan makanan yang diubahnya. · Melakukan diskusi kelas tentang proses pencernaan makanan. | · Menjelaskan struktur dan fungsi alat pencerrnanan makanan manusia. · Menjelaskan proses pencernaan makanan, seperti karbohirat, lemak, protein. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, torso. Bahan: LKS, bahan presentasi, CD interaktif. |
| · Pencernaan hewan ruminansia. | · Menganalisis sistem pencernaan hewan ruminansia dengan menggunakan charta dan literatur melalui diskusi . · Melakukan diskusi tentang perbedaan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia. | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses hewan ruminansia. · Membedakan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, torso. Bahan: LKS, bahan presentasi, Charta pencernaan ruminansia. |
| | | | | | |
| · Penyakit/gangguan sistem pencernaan. | · Studi literatur/penelusuran internet menemukan berbagai penyakit dan penyebab penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia. · Mengkomunikasikan hasil studi literatur dan menemukan cara menghindari/rehabilitasi penyakit/gangguan sistem pencernaan melalui diskusi. · Melakuka diskusi tentang berbagai penyakit/gangguan pada sistem pencernaan. | · Menjelaskan berbagai penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia. · Mengidentifikasi cara menghindari/merehabilitasi penyakit/gangguan sistem pencernaan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi. |
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernafasan pada manusia dan hewan (misalnya burung). | · Struktur dan fungsi alat-alat pernafasan. | · Mengggunakan charta/CD interaktif/penelusuran internet sistem pernafasan menemukan struktur/cara kerja alat-alat pernafasan manusia. · Mengkaji dari berbagai literatur menemukan struktur dan fungsi alat-alat pernapasan manusia. · Diskusi kelas tentang struktur, fungsi alat-alat pernafasan manusia. | · Menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat pernafasan pada manusia. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulanga akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian . | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, Charta/CD interaktif sistem pernafasan manusia. |
| · Mekanisme Pernapasan pada manusia | · Menggunakan pemodelan salah seorang siswa mengenali perubahan-perubahan yang terjadi pada waktu melakukan proses bernafas melalui kegiatan diskusi. · Menganalisis menggunakan pemodelan perbedaan pernafasan dada dan pernafasan perut. · Mengkaji literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dari alveolus ke kapiler darah dan sebaliknya. | · Menjelaskan mekanisme pernapasan pada manusia. · Membedakan pernafasan dada dan pernafasan perut. · Menjelaskan proses mekanisme pertukaran Oksigen dan Karbondioksida dari alveolus ke kapiler darah atau sebaliknya. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian . | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, Charta/CD interaktif sistem pernafasan manusia. |
| · Pernafasan hewan. | · Mengamati perilaku burung terbang melalui penugasan mandiri. · Menggunakan charta anatomi burung mengenali organ-organ pernafasan burung melalui kerja kelompok. · Melakukan diskusi kelas tentang bagaimana burung bernafas. | · Mengidentifikasi alat-lat pernafasan dan proses pernapasan burung. · Membedakan pernafasan manusia dan burung. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, Charta/CD interaktif sistem pernafasan burung. |
| · Kelainan dan penyakit yang terjadi. | · Menjelaskan macam-macam penyakit pada sistem pernafasan · Mendiskusikan bagaimana pengaruh rokok, alkohol, dan obat-obat terlarang terhadap alat-alat pernapasan · Mengunjungi puskesmas/penelusuran internet menggali informasi penggunaan teknologi alat bantu pernafasan dan cara penggunaannya melalui penugasan diluar jam sekolah melalui kerja kelompok . | · Menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan. · Mengenali cara-cara pencegahan/menghindari penyakit pada sistem pernafasan. · Mendata pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk membantu bernafas. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi. |
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga). | · Struktur dan fungsi alat-alat ekskresi manusia. · Proses ekskresi pada manusia. | · Menggunakan torso/charta mengenali struktur berbagai organ ekskresi, letak dan fungsinya melalui kegiatan demonstrasi. · Mengkaji literatur/CD interaktif/ penelusuran internet/charta menemukan fungsi, proses masing-masing dan hasil akhir yang dibuang alat eksresi manusia · Mengkomunikasikan/mempresentasi-kan hasil analisis dan kajian pengeluaran sisa-sisa metabolisme melalui paru-paru, hati, ginjal dan kulit. · Melakukan uji kandungan glukosa, protein, amoniak menggunakan reagen tertentu melalui kerja kelompok. | · Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat-alat ekskresi. · Membedakan struktur dan fungsi alat-alat eksresi. · Menjelaskan proses ekskresi, seperti keringat, urine, bilirubin dan biliverdin, CO2 dan H2O (uap air). · Melakukan uji kandungan zat dalam urine. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, tabung reaksi, rak tabung reaksi, gelas kimia, pembakar spiritus. Bahan: LKS, bahan presentasi, reagen benedict, biuret. |
| · Ekskresi pada hewan. | · Menganalisis charta/gambar alat-alat ekskresi pada berbagai hewan, seperti cacing, belalang, ikan dll. melalui kerja kelompok. · Mengkaji literatur/penelusuran internet dan mendiskusikan hasil kajian tentang proses eksresi pada ikan dan belalang. | · Membedakan struktur alat ekskresi ikan, cacing dan belalang (ginjal). · Membedakan alat ekskresi hewan dan manusia. · Mengidentifikasi proses eksresi pada ikan, cacing dan belalang. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/ gambar berbagai alat ekskresi hewan. |
| · Kelainan dan penyakit yang terjadi. | · Melakukan kajian literatur/ penelusuran internet menemukan berbagai penyakit, penyebab dan pemanfaatan teknologi pada gangguan/penyakit sistem ekskresi dengan penugasan kelompok. · Mendiskusikan cara menghindari/ menanggulangi penyakit pada sistem ekskresi. | · Menjelaskan berbagai penyakit pada sistem ekskresi · Menjelaskan penyebab kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/gambar pemanfaatan teknologi pada sistem ekskresi. |
| | | | | | |
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (syaraf, endokrin, dan penginde-raan). | · Struktur dan fungsi sistem regulasi (syaraf, endokrin dan indera). | · Mengkaji dari berbagai literatur/ CD interaktif/penelusuran internet/ model/charta mengenali struktur dan fungsi: susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera pada manusia. · Membuat charta struktur dan fungsi susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera melalui kerja kelompok. · Mempresentasikan dan mendemonstrasikan hasil kajian tentang susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera dalam diskusi kelas. | · Menjelaskan struktur dan fungsi (susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera). | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, model alat-alat indera: mata, telinga, kulit, hidung, pengecap Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/gambar susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera. |
| · Proses regulasi (syaraf, endokrin, indera). | · Mengamati dan menganalisis keterkaitan fungsi kerja susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera melalui kegiatan demontrasi pemodelan seorang siswa, seperti proses mengecap, melihat, mendengar, meraba, mencium dalam diskusi. · Melakukan kajian literatur/CD interaktif/penelusuran internet/film CD/VCD/model alat-alat indera menemukan proses kerja susunan syaraf, endokrin dan berbagai alat-alat indera melalui kerja kelompok. · Mengkomunikasikan hasil analisis dan kajian tentang keterkaitan fungsi kerja syaraf, endokrin, dan indera pada diskusi kelas. | · Menjelaskan proses bekerjanya susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera. · Menjelaskan keterkaitan fungsi susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera,seperti pada pertumbuhan dan perkembangan, proses mendengar, melihat, mengecap, meraba, mencium. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 6 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, CD/VCD player, model alat-alat indera: mata, telinga, kulit, hidung, pengecap. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/ gambar susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera. |
| · Kelainan/penyakit yang terjadi (syaraf, endokrin, indera). | · Menggali informasi dari berbagai sumber media/koran/majalah/ penelusuran internet menemukan berbagai gangguan/kelainan/penyakit dan penyebabnya pada sistem regulasi (syaraf, endokrin, indera) melalui penugasan. · Melakukan observasi ke puskesmas/kepolisian/rumah sakit/pusat rehabilitasi atau menyaksikan film CD/VCD mengenai gangguan susunan syaraf/indera akibat penggunaan narkoba. · Mempresentasikan dalam diskusi kelas hasil observasi tentang pengaruh narkoba terhadap susunan syaraf/indera. | · Mengenali berbagai gangguan/penyakit/kelain-an dan penyebabnya yang berkaiktan dengan susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera. · Menjelaskan cara mencegah/menghindari gangguan/penyakit yang terjadi pada susunan syaraf, endokrin danalat-alat indera. · Menjelaskan dampak pengaruh narkoba terhadap susunan syaraf/alat-alat indera. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, CD/VCD player, model alat-alat indera: mata, telinga, kulit, hidung, pengecap. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/gambar susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera |
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses yang meliputi pemben-tukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia. | · Struktur dan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita. · Proses pembentukan sel kelamin | · Menggunakan charta/gambar mengenali sistem reproduksi pada laki-laki dan wanita . · Mendiskusikan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita. · Merefleksikan kondisi diri yang tumbuh makin dewasa dengan kematangan sistem reproduksi dalam bersikap terhadap nilai-nilai moral dan agama, seperti seks bebas, hubungan di luar nikah dll. · Melalkukan kajian gambar gametogenesis/penelusuran internet/CD interaktif/film VCD menemukan proses pembentukan sperma/sel telur. · Membuat Charta/model spermatogenesis dan oogenesis dari bahan-bahan bekas melalui kegiatan individu. | · Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem reproduksi laki-laki dan wanita. · Menilai diri terhadap nilai-nilai moral dan agama dengan makin matangnya sistem reproduksi. · Menjelaskan proses pembentukan sperma dan sel telur. · Mengurutkan tahapan spermatogenesis dan oogenesis. | Jenis tagihan: Tugas individu, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian . Jenis tagihan: Tugas individu, unjuk kerja, ulangan. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian | 2X 5’ 4X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/ gambar sistem reproduksi. Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/ gambar sistem reproduksi. |
| | | | | | |
| · Ovulasi · Menstruasi. | · Mengkaji literatur tentang ovulasi dan mendiskusikannya dalam kelompok. · Menggunakan charta/gambar organ reproduksi wanita dan siklus menstruasi menemukan proses dan tahapan menstruasi. · Diskusi kelas atas pemahaman diri tentang peristiwa menstruasi. | · Menguraikan proses ovulasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. · Menjelaskan proses menstruasi. · Pemahaman diri akan peristiwa menstruasi. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/gambar sistem reproduksi dan siklus menstruasi. |
| · Fertilisasi, gestasi dan persalinan · ASI. | · Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang fertilisasi, gestasi dan persalinan, penggunaan alat kontrasepsi dalam kelompok. · Mengkomunikasikan hasil kajian literatur dalam diskusi kelas tentang gestasi dan persalinan. · Menggali informasi dari litertatur/petugas kesehatan menemukan alasan pentingnya ASI pertama keluar bagi seorang bayi melalui tugas kelompok. | · Mengidentifikasi proses fertilisasi, gestasi dan persalinan · Mendeskripsikan alat kontrasepsi pada pria dan wanita · Menjelaskan alasan pentingnya ASI bagi bayi. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/gambar sistem reproduksi dan siklus menstruasi. |
| · Kelainan/penyakit yang terjadi. | · Menemukan penyebab kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi pada berbagai sumber literatur/media/penelusuran internet melalui penugasan. · Mendiskusikan cara mencegah/merehabilitasi atas gangguan/penyakit berkaitan dengan sistem reproduksi. | · Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan/penyakit yang terkait sistem reproduksi. · Menjelaskan cara mencegah/merehabilitasi gangguan/penyakit berkaitan dengan sistem reproduksi. | Jenis tagihan: Tugas individu, unjuk kerja, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, gambar gangguan/ kelainan pada sistem reproduksi. |
3.8 Menjelaskan mekanisme per-tahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit. | · Antigen dan antibodi. | · Menemukan penerapan istilah antigen dan antibodi melalui diskusi penularan virus influenza pada diri seseorang. · Mengkaji literatur/penelusuran internet menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh. · Diskusi kelas tentang mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing. | · Membedakan antigen dan antibodi. · Menjelaskan fungsi antigen dan antibodi pada mekanisme pertahanan tubuh. | Jenis tagihan: Tugas individu, unjuk kerja, ulangan. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi. |
| · Mekanisme pertahanan tubuh. | · Mendiskusikan tentang imunisasi dengan proses terbentuknya kekebalan tubuh. · Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan proses pembuatan vaksin untuk imunisasi melalui penugasan mandiri tidak berstruktur. | · Menjelaskan proses mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing. · Menjelaskan akibat yang terjadi bila pertahanan tubuh lemah. | Jenis tagihan: Tugas individu, ulangan harian. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, charta/gambar kegiatan imunisasi. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar