Kamis, 27 Maret 2008

SILABUS

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Program : XI/IPA

Semester : 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

· Komponen Kimiawi Sel

· Struktur sel dan fungsinya.

· Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang komponen kimiawi sel.

· Melakukan pengamatan mikroskopis bentuk dan hewan dan tumbuhan.

· Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur, charta/gambar sel/CD interaktif/penelurusan internet.

· Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya dari literatur.

· Membuat desain model sel hewan/sel tumbuhan dengan penugaan tidak berstruktur.

· Menjelaskan komponen kimia sel.

· Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.

· Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya

· Mendesain SILABUS

·

·

·

· Nama Sekolah : SMA

· Mata Pelajaran : Biologi

· Kelas/Program : XI/IPA

· Semester : 1

· Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

·

· Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Sumber/

· Waktu Bahan/Alat

· (menit)

·

· 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. · Komponen Kimiawi Sel · Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang komponen kimiawi sel. · Menjelaskan komponen kimia sel. Jenis tagihan: 8 X 45’ Sumber:

· · Struktur sel dan fungsinya. · Melakukan pengamatan mikroskopis bentuk dan hewan dan tumbuhan. · Menggambarkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, laboratorium.

· · Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur, charta/gambar sel/CD interaktif/penelurusan internet. · Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya

· · Mengidentifikasi struktur sel dan fungsinya dari literatur. · Mendesain karya model sel. Bentuk instrumen: Alat:

· · Membuat desain model sel hewan/sel tumbuhan dengan penugaan tidak berstruktur. Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. Mikroskop, silet/ mikrotom, Kaca penutup, kaca objek, gelas kimia, pipet, OHP/ Komputer, LCD.

·

· Bahan:

· LKS, bahan presentasi, sediaan segar/aweta sel hewan/ tumbuhan, air.

·

· 1.2 Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan. · Perbedaan sel hewan dan tumbuhan. · Mengamati charta/gambar/foto mikroskopis sel hewan dan tumbuhan menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. · Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan. Jenis tagihan: 6 X 45’ Sumber:

· · Organel sel hewan dan tumbuhan. · Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/CD interaktif/ penelusuran internet tentang organel sel hewan dan tumbuhan. · Menjelaskan organel-organel yang dimiliki masing-masing sel tumbuhan dan hewan. Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium.

· · Membuat model sel, bagian-bagian dan fungsinya. · Menjelaskan fungsi masing-masing organel yang dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan.

· · Mengkomunikasikan hasil karya di depan kelas. · Membuat model sel hewan/ tumbuhan dengan bagian-bagian dan fungsinya. Bentuk instrumen: Alat:

· Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.. OHP/Komputer, LCD.

·

· Bahan:

· LKS, Bahan presentasi, CD interaktif sel dan organel.

· 1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksosito-sis). · Difusi · Melakukan percobaan difusi air dan osmosis menggunakan kentang/bengkuang/pepaya/labu siam dan plasmolisis dengan daun tumbuhan Rhoe discolor melalui kerja kelompok. · Menjelaskan ciri-ciri transpor secara difusi dan osmosis. Jenis tagihan: 2 X 45’ Sumber:

· · Osmosis. · Mengidentifikasi penerapan pemahaman difusi dan osmosis pada fungsi kehidupan. · Menjelaskan terjadinya peristiwa plasmolisis. Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Buku acuan yang relevan, laboratorium.

· · Menjelaskan penerapan konsep transfor yang terjadi pada sel pada pengawetan bahan makanan/fungsi kehidupan.

· Bentuk instrumen: Alat:

· Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. OHP/komputer, LCD, difusi apparatus. pelubang gabus, pisau, timbangan, piala kimia.

·

· Bahan:

· LKS, bahan presentasi, kentang/pepaya/ bengkuang/labu siam, air, gula, KMnO4.

·

· · Transpor aktif. · Melakukan kajian literatur/selancar internet untuk menemukan mekanisme transpor aktif, endositosis dan eksositosis dengan penugasan mandiri terstruktur. · Membedakan mekanisme transfor aktif dan pasif. Jenis tagihan: 2 X 45’ Sumber:

· · Endositosis/eksositosis · Membedakan berbagai konsep transpor aktif, endositosis dan eksositosis dari berbagai hasil kajian dengan diskusi kelas. · Menjelaskan proses dan memberikan contoh endositosis dan eksositosis Tugas individu, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Buku acuan yang relevan, internet.

·

· Bentuk instrumen: Alat:

· Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. OHP/komputer, LCD.

·

· Bahan:

· LKS, bahan presentasi, CD interaktif.

·

· · Penerapan konsep transpor melalui membran. · Merancang dan melaksanakan percobaan seperti pembuatan manisan/pembuatan ikan asin dengan bahan, seperti buah jambu air, buah ceremai, buah strawberi, rumput laut dll.*) membuktikan transpor melalui membran dalam pengawetan makanan. · Membuat makanan awetan dengan konsep transpor melalui membran Jenis tagihan: 2 X 45’ Sumber:

· Tugas kelompok, unjuk kerja. Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium.

· *) Dapat dibelajarkan jaenis-jenis bahan makanan yang diawetkan sesuai dengan kekhasan masing-masing daerah/wilayah.

· Bentuk instrumen: Alat:

· Produk pengamatan sikap OHP/komputer, LCD.

·

· LKS, bahan presentasi, buah-buahan.karya model sel.

Jenis tagihan:

Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

8 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah, laboratorium.

Alat:

Mikroskop, silet/ mikrotom, Kaca penutup, kaca objek, gelas kimia, pipet, OHP/ Komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, sediaan segar/aweta sel hewan/ tumbuhan, air.

1.2 Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan.

· Perbedaan sel hewan dan tumbuhan.

· Organel sel hewan dan tumbuhan.

· Mengamati charta/gambar/foto mikroskopis sel hewan dan tumbuhan menemukan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

· Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/CD interaktif/ penelusuran internet tentang organel sel hewan dan tumbuhan.

· Membuat model sel, bagian-bagian dan fungsinya.

· Mengkomunikasikan hasil karya di depan kelas.

· Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.

· Menjelaskan organel-organel yang dimiliki masing-masing sel tumbuhan dan hewan.

· Menjelaskan fungsi masing-masing organel yang dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan.

· Membuat model sel hewan/ tumbuhan dengan bagian-bagian dan fungsinya.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis..

6 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium.

Alat:

OHP/Komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, CD interaktif sel dan organel.

1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksosito-sis).

· Difusi

· Osmosis.

· Melakukan percobaan difusi air dan osmosis menggunakan kentang/bengkuang/pepaya/labu siam dan plasmolisis dengan daun tumbuhan Rhoe discolor melalui kerja kelompok.

· Mengidentifikasi penerapan pemahaman difusi dan osmosis pada fungsi kehidupan.

· Menjelaskan ciri-ciri transpor secara difusi dan osmosis.

· Menjelaskan terjadinya peristiwa plasmolisis.

· Menjelaskan penerapan konsep transfor yang terjadi pada sel pada pengawetan bahan makanan/fungsi kehidupan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, laboratorium.

Alat:

OHP/komputer, LCD, difusi apparatus. pelubang gabus, pisau, timbangan, piala kimia.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, kentang/pepaya/ bengkuang/labu siam, air, gula, KMnO4.

· Transpor aktif.

· Endositosis/eksositosis

· Melakukan kajian literatur/selancar internet untuk menemukan mekanisme transpor aktif, endositosis dan eksositosis dengan penugasan mandiri terstruktur.

· Membedakan berbagai konsep transpor aktif, endositosis dan eksositosis dari berbagai hasil kajian dengan diskusi kelas.

· Membedakan mekanisme transfor aktif dan pasif.

· Menjelaskan proses dan memberikan contoh endositosis dan eksositosis

Jenis tagihan:

Tugas individu, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, CD interaktif.

· Penerapan konsep transpor melalui membran.

· Merancang dan melaksanakan percobaan seperti pembuatan manisan/pembuatan ikan asin dengan bahan, seperti buah jambu air, buah ceremai, buah strawberi, rumput laut dll.*) membuktikan transpor melalui membran dalam pengawetan makanan.

*) Dapat dibelajarkan jaenis-jenis bahan makanan yang diawetkan sesuai dengan kekhasan masing-masing daerah/wilayah.

· Membuat makanan awetan dengan konsep transpor melalui membran

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, buah-buahan.


Standar Kompetensi : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas.

Kompetensi Dasar

Materi Pembeljaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.

· Struktur jaringan tumbuhan.

· Melakukan pengamatan mikroskopis berbagai macam jaringan dari bagian akar, batang, daun, buah, dan bunga.*)

· Membandingkan gambar hasil pengamatan dengan gambar/foto dari kajian literatu/CD interaktif/ selancar internet /charta.

· Melakukan diskusi kelas tentang macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya, berdasarkan gambar/ foto hasil pengamatan dan kajian.

*) Dapat dibelajarkan untuk mengenal jaringan spesies tumbuhan khas wilayah/daerah masing-masing.

· Menggambarkan berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan.

· Mengidentifikasi ciri-ciri macam-macam jaringan berdasarkan bentuk dan lokasinya.

· Membedakan struktur jaringan tumbuhan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

4X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet, lingkungan sekolah, laboratorium.

Alat:

Mikroskop, silet/ mikrotom, kaca objek, kaca penutup, gelas kimia, pipet, OHP/ komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi,

Akar, batang, daun, buah, bunga tumbuhan yang lunak, air.

· Fungsi masing-masing jaringan.

· Mengkaji literatur untuk menemukan berbagai fungsi jaringan tumbuhan.

· Menganalisis fungsi macam-macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya dengan menggunakan gambar melalui diskusi.

· Menjelaskan fungsi berbagai macam struktur jaringan tumbuhan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi,

· Sifat Totipotensi.

· Diskusi sifat totipontensi jaringan yang dimiliki tumbuhan.

· Mengkaji buku literatur untuk menemukan cara membuat kultur jaringan pada satu jenis tumbuhan melalui tugas mandiri.

· Membuat charta urutan proses kultur jaringan suatu tumbuhan.

· Mengkaitkan sifat totipotensi jaringan dengan teknik kultur jaringan.

· Menjelaskan prinsip-prinsip dasar kultur jaringan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi,

2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkan-nya dengan fungsinya

· Struktur jaringan hewan.

· Melakukan pengamatan mikroskopis sediaan jadi menemukan berbagai macam struktur jaringan hewan vertebrata melalui kerja kelompok.

· Membandingkan gambar hasil pengamatan dengan gambar/foto dari kajian literatu/CD interaktif/selancar internet/charta.

· Mengidentifikasi macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya, berdasarkan gambar/ foto hasil pengamatan dan kajian.

· Menggambarkan berbagai macam jaringan.

· Mengidentifikasi struktur masing-masing jaringan berdasarkan gambar hasil pengamatan dan kajian.

· Menunjukan macam jaringan berdasarkan lokasinya pada tubuh hewan vertebrata/ manusia

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

4X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet, laboratorium.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, bahan presentasi,CD interaktif tentang jaringan hewan/ manusia.

· Fungsi jaringan hewan vertebrata.

· Mengkaji literatur untuk menemukan berbagai fungsi jaringan hewan melalui penugasan.

· Menganalisis fungsi macam-macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan lokasinya dengan menggunakan gambar melalui diskusi.

· Mengenal fungsi macam-macam jaringan hewan.

· Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan berdasarkan struktur, bentuk dan fungsinya.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi,CD interaktif tentang jaringan hewan/manusia

· Tumor/kanker.

· Menggali informasi dari literatur/ CD interaktif/ penelurusan internet menemukan deskripsi tentang tumor/kanker melalui tugas individu.

· Mendiskusikan hasil kajian dari berbagai sumber tentang tumor/ kanker.

· Mengkomunikasikan/ mempresentasikan hasil kajian tentang tentang tumor/kanker melalui diskusi

· Menjelaskan pengertian tumor/kanker.

· Menjelaskan faktor pencetus terjadinya tumor/kanker

· Menunjukkan macam-macam kanker yang terjadi pada manusia.

Jenis tagihan:

Tugas individu, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi,CD interaktif tentang tumor/kanker.


Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia

· Struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi pada manusia

· Melakukan kajian literatur menemukan struktur, fungsi tulang, sendi, dan otot.

· Menganalisis bangun persendiaan menggunakan charta persendian /model rangka menemukan konstruksi ikatan antar tulang.

· Melakukan pengamatan struktur tulang ayam yang sudah di rendam HCl di bawah mikroskop melalui kerja kelompok.

· Mengidentifikasi struktur dan fungsi tulang, sendi, dan otot dalam sistem gerak

· Menggambarkan struktur tulang, otot dan sendi.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, laboratorium.

Alat:

OHP/komputer, LCD, mikroskop, silet, kaca objek, kaca penutup, gelas kimia, model rangka.

Bahan:

LKS, bahan ajar, bahan presentasi, tulang ayam, larutan HCl 10%

· Proses gerak

· Mengamati proses terjadinya gerakan dengan pemodelan melalui diskusi kelompok.

· Menganalisis terjadinya gerak biasa dan gerak refleks melalui pemodelan.

· Membuktikan otot sebagai alat gerak aktif dengan menggunakan otot betis kodok yang diberikan rangsangan pada frekuensi waktu tertentu dengan kerja kelompok.

· Menjelaskan keterkaitan tulang, otot dan sendi dalam sistem gerak.

· Menjelaskan terjadinya proses gerak: gerak biasa dan gerak refleks.

· Mengurutkan proses terjadinya sebuah gerakan.

· Menjelaskan mekanisme kerja otot sebagai alat gerak aktif.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, laboratorium.

Alat:

OHP/komputer/LCD, mikroskop, silet, kaca objek, kaca penutup, statif, cawan petri.

Bahan:

LKS, bahan ajar, bahan presentasi, otot kodok, larutan ringer, benang.

· Kelainan/penyakit pada sistem gerak

· Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan berbagai penyebab/ penyakit/kelainan yang terjadi pada sistem gerak.

· Mengkomunikasikan hasil studi tentang kelainan/penyakit pada sistem gerak melalui diskusi kelas.

· Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan/gangguan pada sistem gerak.

· Menjelaskan cara menghindari/rehabiliitasi berbagai penyakit pada sistem gerak.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, bahan ajar, bahan presentasi, CD interaktif.

· Teknologi rehabilitasi pada kelaiinan/ kerusakan sistem gerak.

· Menghimpun keterangan dari berbagai sumber literatur/internet tentang penggunaan teknologi untuk merehabilitasi kerusakan sistem gerak dengan penugasan mandiri.

· Mengkomunikasikan hasil studi literatur/internet tentang penyebab penyakit/kelainan dengan menggunakan teknologi untuk merehabilitasi kerusakan sistem gerak melalui diskusi.

· Membuat laporan hasil studi pemanfaatan teknologi pada kerusakan sistem gerak.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, bahan presentasi.

3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

· Struktur dan fungsi darah

· Melakukan pengamatan komponen darah dari preparat apusan darah.

· Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur untuk menemukan struktur darah pada manusia.

· Mendiskusikan komponen dan fungsi darah pada manusia.

· Melakukan tes golongan darah sendiri.

· Mendiskusikan prinsip dasar penggolongan darah manusia.

· Mendiskusikan dasar-dasar transfusi darah pada manusia.

· Menjelaskan komponen darah: plasma dan sel-sel darah.

· Menjelaskan fungsi darah.

· Menggambarkan macam-macam sel darah

· Menjelaskan fungsi darah pada manusia.

· Menentukan golongan darah seseorang.

· Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah.

· Menjelaskan dasar-dasar transfusi darah.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk tes pilihan ganda sikap, ulangan.

4X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, laboratorium.

Alat:

OHP/komputer, LCD, torso manusia, mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pembakar spiritus.

Bahan:

LKS, bahan ajar, bromtymolblue, korek api, darah., Serum anti A-serum anti B, charta sel-sel darah manusia.

· Struktur alat peredaran darah

· Proses peredaran darah manusia

· Menggunakan charta peredaran darah menganalisis struktur alat peredaran darah dan proses peredaran darah manusia melalui diskusi kelas.

· Menjelaskan alat-alat/proses peredaran darah.

· Membedakan antara pembuluh vena dan arteri.

· Membedakan peredaran darah balik dan peredaran darah nadi.

· Membedakan peredaran darah pendek dan peredaran darah panjang dan lintasan/alat-alat yang dilalui.

Jenis tagihan:

Ulangan harian, ulangan tengah semseter, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Tes pilihan ganda

sikap, ulangan harian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, torso manusia

Bahan:

LKS, bahan ajar, bahan presentasi, charta sistem peredaran darah manusia.

· Kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah

· Teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah

· Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan penyakit/penyebab berbagai penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia secara mandiri.

· Melakukan kajian dari koran/majalah/penelusuran internet/ literatur menemukan penggunaan teknologi dalam membantu gangguan sistem peredaran darah.

· Melakukan diskusi kelas tentang penyakit/kelainan dan penggunaan teknologi dalam merehabilitasi gangguan/penyakit pada sistem peredaran darah

· Mengenal berbagai kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah.

· Menjelaskan penyebab kelainan/penyalit yang terjadi pada sistem peredaran darah.

· Menjelaskan upaya menghindari/rehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk tes pilihan ganda, tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, torso manusia,

Bahan:

LKS, bahan ajar, bahan presentasi, gambar/foto pemanfaatan teknologi dan kelainan/penyakit sistem peredaran darah.

· Peredaran darah hewan

· Membandingkan sistem peredaran darah pada berbagai hewan menggunakan charta.

· Mengidentifikasi ciri khas sistem peredaran masing-masing hewan .

· Mengkaji literatur sistem peredaran darah berbagai hewan.

· Menjelaskan sistem peredaran darah berbagai hewan.

· Mengidentifikasi alat-alat peredaran darah berbagai hewan.

· Mengidentifikasi ciri khas berbagai sistem peredaran darah berbagai hewan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk tes pilihan ganda, tes uraian, pengamatan sikap.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan ajar, bahan presentasi, gambar/foto/ charta sistem peredaran berbagai hewan.


S I L A B U S

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas : XI/IPA

Semester : 2

Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)

· Makanan

· Menyusun menu makanan yang dikonsumsi selama 3 hari meliputi jenis, jumlah dan komposisi makanan melalui penugasan mandiri.

· Melakukan uji kandungan zat makanan dari berbagai bahan makanan yang umum dikonsumsi dengan kerja kelompok.

· Melakukan diskusi makanan yang sehat/higienis dan menu makanan yang seimbang.

· Menjelaskan cara menguji kandungan zat makanan berupa protein, lemak, glukosa, amilum.

· Menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan dalam makanan.

· Menjelaskan kategori makanan yang sehat dan menu yang seimbang.

Jenis tagihan:

Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan., lingkungan rumah.

Alat:

OHP/komputer, LCD, tabung reaksi, pembakar spiritus, penjepit tabung reaksi, lumpang dan alu, gelas kimia.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, berbagai bahan makanan, reagen benedict, biuret, KI, air.

· Sistem pencernaan makanan manusia

· Menggunakan torso mengenali tempat kedudukan alat dan kelenjar pencernaan serta fungsinya melalui penugasan kerja kelompok.

· Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan bagaimana bahan-bahan makanan berupa karbohidrat, lemak dan protein di cerna.

· Membuat tabel alat/kelenjar pencernaan dan fungsinya serta perubahan makanan yang diubahnya.

· Melakukan diskusi kelas tentang proses pencernaan makanan.

· Menjelaskan struktur dan fungsi alat pencerrnanan makanan manusia.

· Menjelaskan proses pencernaan makanan, seperti karbohirat, lemak, protein.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, torso.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, CD interaktif.

· Pencernaan hewan ruminansia.

· Menganalisis sistem pencernaan hewan ruminansia dengan menggunakan charta dan literatur melalui diskusi .

· Melakukan diskusi tentang perbedaan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia.

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses hewan ruminansia.

· Membedakan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD, torso.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, Charta pencernaan ruminansia.

· Penyakit/gangguan sistem pencernaan.

· Studi literatur/penelusuran internet menemukan berbagai penyakit dan penyebab penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia.

· Mengkomunikasikan hasil studi literatur dan menemukan cara menghindari/rehabilitasi penyakit/gangguan sistem pencernaan melalui diskusi.

· Melakuka diskusi tentang berbagai penyakit/gangguan pada sistem pencernaan.

· Menjelaskan berbagai penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia.

· Mengidentifikasi cara menghindari/merehabilitasi penyakit/gangguan sistem pencernaan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi.

3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernafasan pada manusia dan hewan (misalnya burung).

· Struktur dan fungsi alat-alat pernafasan.

· Mengggunakan charta/CD interaktif/penelusuran internet sistem pernafasan menemukan struktur/cara kerja alat-alat pernafasan manusia.

· Mengkaji dari berbagai literatur menemukan struktur dan fungsi alat-alat pernapasan manusia.

· Diskusi kelas tentang struktur, fungsi alat-alat pernafasan manusia.

· Menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat pernafasan pada manusia.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulanga akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian .

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, Charta/CD interaktif sistem pernafasan manusia.

· Mekanisme Pernapasan pada manusia

· Menggunakan pemodelan salah seorang siswa mengenali perubahan-perubahan yang terjadi pada waktu melakukan proses bernafas melalui kegiatan diskusi.

· Menganalisis menggunakan pemodelan perbedaan pernafasan dada dan pernafasan perut.

· Mengkaji literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dari alveolus ke kapiler darah dan sebaliknya.

· Menjelaskan mekanisme pernapasan pada manusia.

· Membedakan pernafasan dada dan pernafasan perut.

· Menjelaskan proses mekanisme pertukaran Oksigen dan Karbondioksida dari alveolus ke kapiler darah atau sebaliknya.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian .

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, Charta/CD interaktif sistem pernafasan manusia.

· Pernafasan hewan.

· Mengamati perilaku burung terbang melalui penugasan mandiri.

· Menggunakan charta anatomi burung mengenali organ-organ pernafasan burung melalui kerja kelompok.

· Melakukan diskusi kelas tentang bagaimana burung bernafas.

· Mengidentifikasi alat-lat pernafasan dan proses pernapasan burung.

· Membedakan pernafasan manusia dan burung.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, Charta/CD interaktif sistem pernafasan burung.

· Kelainan dan penyakit yang terjadi.

· Menjelaskan macam-macam penyakit pada sistem pernafasan

· Mendiskusikan bagaimana pengaruh rokok, alkohol, dan obat-obat terlarang terhadap alat-alat pernapasan

· Mengunjungi puskesmas/penelusuran internet menggali informasi penggunaan teknologi alat bantu pernafasan dan cara penggunaannya melalui penugasan diluar jam sekolah melalui kerja kelompok .

· Menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.

· Mengenali cara-cara pencegahan/menghindari penyakit pada sistem pernafasan.

· Mendata pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk membantu bernafas.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi.

3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).

· Struktur dan fungsi alat-alat ekskresi manusia.

· Proses ekskresi pada manusia.

· Menggunakan torso/charta mengenali struktur berbagai organ ekskresi, letak dan fungsinya melalui kegiatan demonstrasi.

· Mengkaji literatur/CD interaktif/ penelusuran internet/charta menemukan fungsi, proses masing-masing dan hasil akhir yang dibuang alat eksresi manusia

· Mengkomunikasikan/mempresentasi-kan hasil analisis dan kajian pengeluaran sisa-sisa metabolisme melalui paru-paru, hati, ginjal dan kulit.

· Melakukan uji kandungan glukosa, protein, amoniak menggunakan reagen tertentu melalui kerja kelompok.

· Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat-alat ekskresi.

· Membedakan struktur dan fungsi alat-alat eksresi.

· Menjelaskan proses ekskresi, seperti keringat, urine, bilirubin dan biliverdin, CO2 dan H2O (uap air).

· Melakukan uji kandungan zat dalam urine.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, tabung reaksi, rak tabung reaksi, gelas kimia, pembakar spiritus.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, reagen benedict, biuret.

· Ekskresi pada hewan.

· Menganalisis charta/gambar alat-alat ekskresi pada berbagai hewan, seperti cacing, belalang, ikan dll. melalui kerja kelompok.

· Mengkaji literatur/penelusuran internet dan mendiskusikan hasil kajian tentang proses eksresi pada ikan dan belalang.

· Membedakan struktur alat ekskresi ikan, cacing dan belalang (ginjal).

· Membedakan alat ekskresi hewan dan manusia.

· Mengidentifikasi proses eksresi pada ikan, cacing dan belalang.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/ gambar berbagai alat ekskresi hewan.

· Kelainan dan penyakit yang terjadi.

· Melakukan kajian literatur/ penelusuran internet menemukan berbagai penyakit, penyebab dan pemanfaatan teknologi pada gangguan/penyakit sistem ekskresi dengan penugasan kelompok.

· Mendiskusikan cara menghindari/ menanggulangi penyakit pada sistem ekskresi.

· Menjelaskan berbagai penyakit pada sistem ekskresi

· Menjelaskan penyebab kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/gambar pemanfaatan teknologi pada sistem ekskresi.

3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (syaraf, endokrin, dan penginde-raan).

· Struktur dan fungsi sistem regulasi (syaraf, endokrin dan indera).

· Mengkaji dari berbagai literatur/ CD interaktif/penelusuran internet/ model/charta mengenali struktur dan fungsi: susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera pada manusia.

· Membuat charta struktur dan fungsi susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera melalui kerja kelompok.

· Mempresentasikan dan mendemonstrasikan hasil kajian tentang susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera dalam diskusi kelas.

· Menjelaskan struktur dan fungsi (susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera).

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, model alat-alat indera: mata, telinga, kulit, hidung, pengecap

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/gambar susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera.

· Proses regulasi (syaraf, endokrin, indera).

· Mengamati dan menganalisis keterkaitan fungsi kerja susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera melalui kegiatan demontrasi pemodelan seorang siswa, seperti proses mengecap, melihat, mendengar, meraba, mencium dalam diskusi.

· Melakukan kajian literatur/CD interaktif/penelusuran internet/film CD/VCD/model alat-alat indera menemukan proses kerja susunan syaraf, endokrin dan berbagai alat-alat indera melalui kerja kelompok.

· Mengkomunikasikan hasil analisis dan kajian tentang keterkaitan fungsi kerja syaraf, endokrin, dan indera pada diskusi kelas.

· Menjelaskan proses bekerjanya susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera.

· Menjelaskan keterkaitan fungsi susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera,seperti pada pertumbuhan dan perkembangan, proses mendengar, melihat, mengecap, meraba, mencium.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

6 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, CD/VCD player, model alat-alat indera: mata, telinga, kulit, hidung, pengecap.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/ gambar susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera.

· Kelainan/penyakit yang terjadi (syaraf, endokrin, indera).

· Menggali informasi dari berbagai sumber media/koran/majalah/ penelusuran internet menemukan berbagai gangguan/kelainan/penyakit dan penyebabnya pada sistem regulasi (syaraf, endokrin, indera) melalui penugasan.

· Melakukan observasi ke puskesmas/kepolisian/rumah sakit/pusat rehabilitasi atau menyaksikan film CD/VCD mengenai gangguan susunan syaraf/indera akibat penggunaan narkoba.

· Mempresentasikan dalam diskusi kelas hasil observasi tentang pengaruh narkoba terhadap susunan syaraf/indera.

· Mengenali berbagai gangguan/penyakit/kelain-an dan penyebabnya yang berkaiktan dengan susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera.

· Menjelaskan cara mencegah/menghindari gangguan/penyakit yang terjadi pada susunan syaraf, endokrin danalat-alat indera.

· Menjelaskan dampak pengaruh narkoba terhadap susunan syaraf/alat-alat indera.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD, CD/VCD player, model alat-alat indera: mata, telinga, kulit, hidung, pengecap.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/gambar susunan saraf, endokrin dan alat-alat indera

3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses yang meliputi pemben-tukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.

· Struktur dan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita.

· Proses pembentukan sel kelamin

· Menggunakan charta/gambar mengenali sistem reproduksi pada laki-laki dan wanita .

· Mendiskusikan fungsi alat-alat reproduksi pada laki-laki dan wanita.

· Merefleksikan kondisi diri yang tumbuh makin dewasa dengan kematangan sistem reproduksi dalam bersikap terhadap nilai-nilai moral dan agama, seperti seks bebas, hubungan di luar nikah dll.

· Melalkukan kajian gambar gametogenesis/penelusuran internet/CD interaktif/film VCD menemukan proses pembentukan sperma/sel telur.

· Membuat Charta/model spermatogenesis dan oogenesis dari bahan-bahan bekas melalui kegiatan individu.

· Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem reproduksi laki-laki dan wanita.

· Menilai diri terhadap nilai-nilai moral dan agama dengan makin matangnya sistem reproduksi.

· Menjelaskan proses pembentukan sperma dan sel telur.

· Mengurutkan tahapan spermatogenesis dan oogenesis.

Jenis tagihan:

Tugas individu, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian .

Jenis tagihan:

Tugas individu, unjuk kerja, ulangan.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian

2X 5’

4X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/ gambar sistem reproduksi.

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/ gambar sistem reproduksi.

· Ovulasi

· Menstruasi.

· Mengkaji literatur tentang ovulasi dan mendiskusikannya dalam kelompok.

· Menggunakan charta/gambar organ reproduksi wanita dan siklus menstruasi menemukan proses dan tahapan menstruasi.

· Diskusi kelas atas pemahaman diri tentang peristiwa menstruasi.

· Menguraikan proses ovulasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

· Menjelaskan proses menstruasi.

· Pemahaman diri akan peristiwa menstruasi.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/gambar sistem reproduksi dan siklus menstruasi.

· Fertilisasi, gestasi dan persalinan

· ASI.

· Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang fertilisasi, gestasi dan persalinan, penggunaan alat kontrasepsi dalam kelompok.

· Mengkomunikasikan hasil kajian literatur dalam diskusi kelas tentang gestasi dan persalinan.

· Menggali informasi dari litertatur/petugas kesehatan menemukan alasan pentingnya ASI pertama keluar bagi seorang bayi melalui tugas kelompok.

· Mengidentifikasi proses fertilisasi, gestasi dan persalinan

· Mendeskripsikan alat kontrasepsi pada pria dan wanita

· Menjelaskan alasan pentingnya ASI bagi bayi.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/gambar sistem reproduksi dan siklus menstruasi.

· Kelainan/penyakit yang terjadi.

· Menemukan penyebab kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi pada berbagai sumber literatur/media/penelusuran internet melalui penugasan.

· Mendiskusikan cara mencegah/merehabilitasi atas gangguan/penyakit berkaitan dengan sistem reproduksi.

· Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan/penyakit yang terkait sistem reproduksi.

· Menjelaskan cara mencegah/merehabilitasi gangguan/penyakit berkaitan dengan sistem reproduksi.

Jenis tagihan:

Tugas individu, unjuk kerja, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, gambar gangguan/ kelainan pada sistem reproduksi.

3.8 Menjelaskan mekanisme per-tahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.

· Antigen dan antibodi.

· Menemukan penerapan istilah antigen dan antibodi melalui diskusi penularan virus influenza pada diri seseorang.

· Mengkaji literatur/penelusuran internet menemukan fungsi antigen dan antibodi bagi pertahanan tubuh.

· Diskusi kelas tentang mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing.

· Membedakan antigen dan antibodi.

· Menjelaskan fungsi antigen dan antibodi pada mekanisme pertahanan tubuh.

Jenis tagihan:

Tugas individu, unjuk kerja, ulangan.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi.

· Mekanisme pertahanan tubuh.

· Mendiskusikan tentang imunisasi dengan proses terbentuknya kekebalan tubuh.

· Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan proses pembuatan vaksin untuk imunisasi melalui penugasan mandiri tidak berstruktur.

· Menjelaskan proses mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing.

· Menjelaskan akibat yang terjadi bila pertahanan tubuh lemah.

Jenis tagihan:

Tugas individu, ulangan harian.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, kuis, tes pilihan ganda, tes uraian

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta/gambar kegiatan imunisasi.

Tidak ada komentar: