Jumat, 28 Maret 2008

S I L A B U S

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Program : XII/IPA

Semester : 1

Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Merencanakan percobaan pertumbuhan.

· Pertumbuhan dan perkembangan

· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan

· Melakukan kerja praktik perkecambahan biji kacang-kacangan melalui kerja kelompok selama 2-3 hari.

· Melakukan analisis dan diskusi hasil pengamatan kerja praktik tentang perkecambahan biji kacang-kacangan.

· Mendiskusikan variabel-variabel yang mempengaruhi perkecambahan.

· Menjelaskan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.

· Membedakan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.

· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

· Menjelaskan dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

· Menjelaskan variabel-variabel faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja dan pengamatan sikap, tes lisan, tes pilihan ganda, tes uraian.

4 X 45 ‘

Sumber:

Buku acuan yang relevan..

Alat:

OHP/komputer, LCD, cawan petri.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, biji kacang hijau, kapas, air

· Merancang percobaan

· Merancang percobaan (merumus-kan masalah, menentukan hipote-sis, menentukan variabel, melaku-kan studi literatur, menentukan parameter, menentukan alat dan bahan yang digunakan, membuat rancangan percobaan) melalui kerja kelompok.

· Melakukan studi atas penelitian terdahulu, seperti lomba-lomba karya ilmiah remaja, menemukan contoh desain percobaan yang dilakukan

· Menentukan variabel yang berpengaruh dan variabel bebas terhadap percobaan yang dirancang.

· Menjelaskan cara kerja/ fungsi alat yang digunakan untuk melakukan percobaan yang akan dibuat.

· Menjelaskan rancangan percobaan yang direncanakan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja dan pengamatan sikap.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan..

Alat:

OHP/komputer, LCD, cawan petri.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, biji kacang hijau, kapas, air.

1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Melaksanakan percobaan pertumbuhan.

· Pertumbuhan primer.

· Pertumbuhan sekunder.

· Melakukan pengamatan (morpologi, anatomi dan struktur jaringan) daerah ujung, tengah, pangkal akar/batang dan mikroskopis tanaman kecambah/tanaman muda.kacang-kacangan.

· Menggali informasi dari literatur membandingkan gambar hasil pengamatan dengan yang ditemukan.

· Membandingkan gambar jaringan daerah pertumbuhan primer dengan pertumbuhan sekunder.

· Melakukan diskusi kelas menemu-kan perbedaan struktur jaringan daerah pertumbuhan primer dan daerah oertumbuhan sekunder.

· Menjelaskan pengertian pertumbuhan primer/sekunder.

· Membedakan ciri-ciri pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

· Menggambarkan struktur jaringan yang mengalami pertumbuhan primer/sekunder.

· Menjelaskan akibat adanya pertumbuhan primer/sekunder.

· Mengidentifikasi susunan jaringan yang mengalami pertumbuhan primer/sekunder.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan..

Alat:

OHP/komputer, LCD, Mikroskop, silet, kaca penutup, kaca objek, pipet, gelas kimia.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi, kecambah/tanaman muda kacang hijau.

· Melakukan percobaan dan pengolahan data hasil eksperimen.

· Melakukan percobaan (mulai dari merakit alat dan bahan, memberi-kan perlakuan), menghimpun data, dan mengolah data hasil percobaan melalui kerja kelompok.

· Melakukan pengamatan atas percobaan yang dibuat.

· Menghimpun data percobaan.

· Menganalisis data hasil percobaan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

-

Bahan:

-

1.3 Mengkomunikasi-kan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Mengkomunikasikan hasil percobaan.

· Pengaruh interaksi faktor internal dan eksternal pada pertumbuhan.

· Mengkomunikasikan hasil percobaan.

· Menganalisis kasus:, seperti rontoknya buah sebelum menjadi besar, gugurnya daun dimusim kemarau, dll. mendiskusikan apa yang menjadi permasalahan dan mengusulkan alternatif pemecahan masalah.

· Melakukan diskusi kelas keterkaitan faktor internal dan eksternal pertumbuhan.

· Seminar hasil kerja kelompok atas hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.

· Menjelaskan faktor-faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan.

· Membedakan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pertumbuhan.

· Menjelaskan keterkaitan antara faktor internal dan eksternal pada pertumbuhan.

· Melakukan seminar hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan sikap, pengamatan unjuk kerja.

2 X 45’

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan..

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, bahan presentasi, bahan ajar.

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

Bahan presentasi, bahan seminar.

Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme

Metabolisme.

· Kerja/ fungsi enzim.

· Sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

· Melakukan uji kerja enzim katalase terhadap pengaruh pH, suhu dll pada jantung dan hati ayam melalui kerja kelompok.

· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim dari hasil pengamatan.

· Melakukan studi litertatur secara mandiri menemukan sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

· Menjelaskan pengertian metabolisme.

· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

· Menjelaskan cara menguji kerja enzim.

· Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme.

· Mengidentifikasi ciri-ciri enzim.

Jenis tagihan:

Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen:

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes lisan, tes pilihan ganda, tes uraian.

8 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

Tabung reaksi, piala kimia, lumpang, alu, kai tiga, pembakar spiritus, OHP/ komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, hati dan jantung ayam, NaOH, HCl, air, es batu, korek api.

2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat.

Katabolisme dan Anabolisme.

· Respirasi sel.

· Menganalisis charta/diagram tahapan respirasi aerob dan anaerob melalui diskusi.

· Melakukan pengamatan fermentasi gula melalui kerja kelompok.

· Merancang kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi (nasi putih, nasi merah, ubi jalar, kentang dll) melalui penugasan individu.

· Menjelaskan tahapan proses respirasi sel.

· Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel.

· Mengidentidikasi enzim–enzim yang berperan dalam respirasi sel.

· Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob.

· Merakit alat pengamatan fermentasi gula.

· Menjelaskan cara melakukan pengamatan fermentasi gula.

· Menjelaskan hasil yang diperoleh dari respirasi aerob dan anaerob.

· Menyusun rancangan kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

Tabung kaca, sumbat karet,

pipa kaca/selang plastik, termometer.

Bahan:

Ragi, gula, air, fenoftalin

· Fotosintesa.

· Melakukan Percobaan Ingenhouz dengan berbagai perlakuan (ditutup plastik transparan berbagai warna, perubahan suhu, ditambahkan NaHCO3 dll) melalui kerja kelompok.

· Melakukan percobaan Sachs melalui kerja kelompok.

· Melakukan studi pustaka /CD interaktif/penelusuran internet tentang tahapan kegiatan fotosintesa; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3-C4

· Mendiskusikan charta tahapan reaksi terang dan reaksi gelap menemukan hasil akhir dari masing-masing tahapan melalui kegiatan diskusi kelas.

· Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya.

· Membuktikan bahwa fotosintesa menghasilkan amilum, oksigen.

· Menjelaskan tahapan reaksi fotosintesa; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3-C4.

· Menemukan tempat terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan., internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Piala kimia, corong, tabung reaksi, plat tetea, pipet.

Bahan:

Hydrilla, NaHCO3, air, es batu, platsik berwarna, alkohol. KI, Benedict, Biuret, CD interaktif fotosintesa.

· Kemosintesis

· Melakukan studi literatur/penelusuran internet menemukan berbagai bakteri yang melakukan kemosintesis karbohidrat/senyawa kimia lain.

· Diskusi kelas menggunakan charta kemosintesa berbagai bakteri menemukan hasil sintesanya.

· Menemukan bakteri yang melakukan kemosintesa karbohidrat/senyawa kimia lain.

· Menemukan hasil-hasil kegiatan kemosintesa yang dilakukan bakteri.

Jenis tagihan:

Tugas Individu, unjuk kerja, ulangan harian.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, Charta kemosintesa bakteri.


Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom

DNA, gen dan kromosom

· Struktur, sifat, fungsi DNA, gen dan kromosom.

· Struktur , sifat dan fungsi RNA.

· Mengkaji dari literatur/ penelusuran internet/CD interaktif mengenai gen, DNA dan kromosom secara indiividual.

· Membuat /menghimpun gambar struktur kromosom, gen dan DNA, RNA.

· Membuat model DNA dengan bahan-bahan sederhana melalui tugas kelompok.

· Melakukan diskusi kelas tentang struktur, sifat, fungsi DNA, gen dan kromosom.

· Membedakan gen, DNA dan kromosom.

· Menjelaskan fungsi gen, DNA dan Kromosom.

· Mendeskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya.

· Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA.

· Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, gamabar struktur DNA, kromosom, RNA, CD interaktif gen dan kromosom.

3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan sintesis protein

Sintesis Protein

· Hubungan DNA-RNA-Polipeptida

· Menganalisis hubungan DNA-RNA-polipeptida dan sintesis protein menggunakan charta.

· Mengkaji gambar/charta/CD interaktif/penelurusan internet proses replikasi dan transkripsi DNA.

· Mendiskusikan hubungan transkripsi DNA dengan sintesa protein.

· Menjelaskan hubungan DNA-RNA-polipeptida.

· Mengurutkan proses tahapan sintesis protein.

· Menjelaskan proses replikasi dan transkripsi DNA.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, gambar/charta transkripsi, CD interaktif.

· Sintesis Protein

· Kode genetika

· Mengkaji charta/gambar/penelusuran internet menemukan urutan proses sintesis protein.

· Mengkaji literatur tentang kode genetika.

· Melakukan diskusi kelas menemukan hubungan antara kode genetik dan sintesis protein.

· Menjelaskan proses penyampaian kode genetika.

· Menjelaskan peran dan bagian-bagian yang terlibat dalam sintesis protein.

· Menemukan macam-macam kode genetik.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semster, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan

2X45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, gambar/charta tsintesa protein, CD interaktif.

3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.

Reproduksi sel

· Mitosis

· Meiosis

· Melakukan pengamatan mikroskopis pembelahan mitosis sel akar bawang merah melalui kerja kelompok.

· Mendiskusikan tahapan, ciri-ciri dan tempat terjadinya mitosis dan meiosis dari kajian gambar/ literatur.

· Membandingkan proses, tahapan, fungsi mitosis dan meiosis menggunakan gambar/ charta.

· Mengidentifikasi sel yang akan bereprodukasi.

· Menjelaskan urutan tahapan mitosis.

· Mengidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis.

· Menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mengalami mitosis.

· Menjelaskan urutan tapahan meiosis.

· Mengidentifikasi ciri-ciri tahapan meiosis.

· Membedakan proses, tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembelahan mitosis dan meiosis.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan unjuk kerja, pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat :

OHP/komputer, LCD, Mikroskop, silet, cawan petri, gelas kimia.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, bawang merah, asetokarmin, gambar mitosis, meiosis,.

· Gametogenesis.

· Membandingkan berbagai gambar/charta gametogenesis pada berbagai hewan dan tumbuhan yang dikaitkan dengan pewarisan sifat.

· Melakukan diskusi kelas menemukan keterkaitan gametogenesis dengan pewarisan sifat.

· Menjelaskan gametogenesis terkait dengan pewarisan sifat.

· Membedakan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan.

Bentuk instrumen

Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat :

OHP/komputer, LCD, Mikroskop, silet, cawan petri, gelas kimia.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, gambar/ charta gametogenesis.

3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat.

Prinsip hereditas dan mekanisme pewarisan sifat.

· Hereditas Mendel.

· Menyaksikan film/VCD tentang usaha Mendel menemukan prinsip-prinsip hereditas.

· Menemukan hukum-hukum Mendel dalam persilangan hewan, tumbuhan dan manusia melalui kegiatan diskusi.

· Menemukan hipotesa yang diajukan Mendel tentang pewarisan sifat.

· Menerapkan hukum Mendel menentukan ratio perbandingan fenotip dan genotip keturunan.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, Tugas Individu, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan/kuis.

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

VCD/CD player, OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, CD/Video tentang Mendel.

· Penyimpangan semu Hukum Mendel.

· Mengkaji literatur dan menganalisis tentang berbagai penyimpangan semu hukum Mendel, seperti atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis, melalui kerja kelompok dan diskusi kelas.

· Melakukan penyilangan tanaman bunga sejenis yang tersedia di halaman sekolah melalui kerja kelompok.

· Menjelaskan penyebab penyimpangan-penyimpangan semu hukum Mendel.

· Menjelaskan macam-macam penyimpangan semu hukum Mendel dengan aplikasinya.

· Menerapkan penyilangan secara teoritis penyimpangan semu hukum Mendel.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, bermacam-macam tanaman bunga.

· Pola-pola hereditas.

· Menemukan dari literatur/charta adanya pola-pola hereditas, seperti tautan, tautan seks, determinasi seks, gen letal, nondisjungsi, dll. melalui kerja kelompok .

· Melakukan diskusi kelas menemukan perbedaan antara pola hereditas yang satu dengan yang lainnya.

· Menjelaskan berbagai pola-pola hereditas, seperti tautan, pindah silang, gen ltal, nondisjungsi dll.

· Membedakan pola hereditas yang satu dengan lainnya, seperti tautan dengan pindah silang, tautan seks dengan gen letal.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamattan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta pola-pola hereditas.

· Hereditas pada manusia.

· Menganalisis dari bahan literatur atas cacat, penyakit, kelainan pada manusia, seperti buta warna, albino, hemofili, gangguan mental, dll. bagaimana cara mempelajari pola pewarisan , pewarisan sifat dan cara menghindarinya melalui kerja kelompok dan diskusi kelas.

· Mengaplikasi dengan perhitungan teoritis menemukan ratio kemungkinan terjadinya pewarisan sifat pada manusia.

· Menjelaskan bagaimana usaha mempelajari pola pewarisan sifat pada manusia.

· Mengidentifikasi cacat, penyakit, kelaianan, dan pola pewarisannya pada manusia.

· Menjelaskan cara-cara menghindari terjadinya pewarisan sifat yang merugikan.

· Mengaplikasi perhitungan ratio terjadinya pewarisan sifat pada manusia.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, charta pola-pola hereditas.

3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas

Mutasi dan implikasinya.

· Macam mutasi dan penyebabnya.

· Mutasi alami dan mutasi buatan.

· Dampak mutasi.

· Melakukan kajian literatur/ penelusuran internet/CD interakftif menemukan macam-macam mutasi dan penyebabnya.

· Menganalisis gambar mutasi yang terjadi pada kromosom dan gen menemukan aneka ragam mutasi melalui kerja kelompok.

· Menghimpun hasil mutasi yang pernah dibuat manusia, menganalisis keuntungan dan kerugiannya.

· Melakukan diskusi kelas tentang mutasi dan implikasinya dalam kehidupan.

· Menjelaskan macam mutasi dan penyebabnya.

· Mengidentifikasi ragam mutasi pada kromosom dan gen.

· Menjelaskan berbagai mutasi yang dihasilkan manusia, dengan teknologi yang digunakan.

· Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari berbagai peristiwa mutasi.

· Menjelaskan implikasi terjadinya mutasi bagi kehidupan.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, bahan presentasi, gambar-gambar mutasi gen dan kromosom


S I L A B U S

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Program : XII/IPA

Semester : 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

4.1 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi biologi

Teori, prinsip, dan mekanisme evolusi.

· Teori-teori evolusi.

· Melakukan kajian literatur menemukan berbagai teori mengenai evolusi dari berbagai ahli.

· Membandingkan berbagai teori dari beberapa ahli menemukan persamaan dan perbedaan pandangan yang dikemukakan.

· Melakukan diskusi kelas merefleksi diri akan kebenaran teori evolusi.

· Menjelaskan berbagai teori evolusi.

· Menjelaskan pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin.

· Menemukan persamaan dan perbedaan pandangan para ahli tentang evolusi.

· Menilai kebenaran teori evolusi menurut pandangan masyarakat.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, , unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, Bahan presentasi.

· Faktor, petunjuk pendukung evolusi.

· Melakukan kajian dari charta/gambar bukti-bukti evolusi berdasarkan pendapat seorang ahli menemukan faktor dan petunjuk adanya evolusi .

· Melakukan diskusi kelas atas petunjuk evolusi berupa fosil, homologi, embriologi perbandingan dll.

· Menemukan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya evolusi.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulanga akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, gambar/ charta bukti-bukti evolusi

· Mutasi dan evolusi.

· Melakukan kajian literatur menemukan kaitan antara mutasi dan evolusi disertai gambar-gambar pendukung melalui kerja kelompok.

· Mendiskusikan hubungan mutasi dan evolusi berdasarkan petunjuk-petunjuk/bukti-bukti yang dikemukakan para ahli.

· Mendeskripsikan keterkaitan antara mutasi dan evolusi.

· Memberikan argumentasi keterkaitan mutasi dan evolusi.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, gambar/ charta bukti-bukti evolusi.

· Mekanisme evolusi.

· Mengkaji hukum Hardy-Weinberg menemukan prinsip-prinsip mekanisme terjadinya evolusi melalui kerja mandiri.

· Mendiskusikan mekanisme evolusi sampai diperolehnya spesies baru (spesiasi).

· Menjelaskan prinsip-prinsip dasar hukum Hardy-Weinberg.

· Menerapkan hukum Hardy-Weinberg secara teoritis melalui contoh perhitungan matematis.

· Menjelaskan proses spesiasi

Jenis tagihan:

Tugas Individu, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan.

3 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, gambar/charta bukti-bukti evolusi.

4.2 Mengkomunikasi-kan hasil studi evolusi

Melakukan studi tentang evolusi.

· Merencanakan kegiatan studi.

· Merancang kegiatan studi mengenai fosil : studi pustaka/studi lapangan (waktu, biaya, tujuan, materi kajian, dsb.) melalui kerja kelompok.

· Menyusun proposal studi mengenai fosil.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

LKS, Bahan Presentasi.

· Mengkomunikasikan hasil studi.

· Melakukan seminar hasil studi mengenai fosil melalui kerja kelompok.

· Melakukan seminar hasil studi tentang fosil.

· Membuat laporan hasil studi tentang fosil.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen

Produk Pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

Bahan Presentasi.

· Membuat fosil.

· Membuat fosil buatan dari bahan-bahan sederhana melalui kerja kelompok.

· Mendisain dan membuat karya fosil buatan.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

Bahan Presentasi, lilin, plastisin, fiber dll.

4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi

Kecenderungan baru teori evolusi.

· Teori asal usul kehidupan.

· Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan kapita selekta (pendapat, pandangan) tentang asal-usul kehidupan di muka bumi (teori abiogenesis sampai teori evolusi biokimia).

· Melakukan diskusi kelas mengkaji berbagai pandangan para ahli , seperti Louis Pasteur, Harolrd Urey, AI Oparin, dsb .tentang asal-usul kehidupan.

· Refleksi diri atas teori asal-usul kehidupan dengan nilai-nilai moral dan agama.

· Menjelaskan asal-usul kehidupan di bumi secara ilmiah dari berbagai pandangan/teori.

· Menjelaskan usaha para ahli membuktikan kebenaran ilmiahnya mengenai asal-usul kehidupan.

· Menilai kebenaran ilmiah mengenai asal-usul kehidupan.

Jenis tagihan:

Tugas individu, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk Pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap.

6 x 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD

Bahan:

LKS, Bahan presentasi, Video/CD interaktif.

· Kecenderungan baru tentang teori evolusi.

· Menyaksikan VCD/CD Harun Yahya atas pandangannya mengenai teori evolusi.

· Membuat argumentasi atas pandangan Harun Yahya dan Charles Darwin tentang teori evolusi.

· Menjelaskan pandangan baru tentang perkembangan teori evolusi.

· Menjelaskan pandangan Harun Yahya atas teori evolusi.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer,LCD, CD/VCDplayer.

Bahan:

Bahan Presentasi, CD/VCD Harun Yahya tentang evolusi.


Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/Alat

5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi.

Bioteknologi

· Arti dan Prinsip dasar Bioteknologi.

· Menganalisis berbagai produk hasil bioteknologi, seperti kecap, tauco, tempe dll menemukan arti dan prinsip dasar bioteknologi melalui diskusi kelas.

· Menggali informasi melalui VCD/CD/gambar-gambar/charta tentang proses pembuatan kecap/tauco/tempe.

· Diskusi kelas tentang prinsip arti dan prinsip dasar Bioteknologi.

· Menjelaskan arti Bioteknologi.

· Menjelaskan prinsip-prinsip dasar bioteknologi.

· Menjelaskan nilai tambah yang diperoleh atas pengembangan Bioteknologi.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian.

6 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan.

Alat:

OHP/komputer, LCD, CD/VCD player.

Bahan:

LKS, kecap, tauco, tempe dll., CD/VCD pembuatan kecap, tempe dll.

· Jenis-jenis Bioteknologi.

· Mendiskusikan jenis-jenis bioteknologi yang berkembang dari masa lalu sampai sekarang, dari yang sederhana sampai yang kompleks.

· Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan pengembangan Bioteknologi modern.

· Membandigkan Bioteknologi konvensional dan modern menemukan persamaan/ perbedaan diantara keduanya.

· Membedakan bioteknologi konvensional dan modern.

· Mengkategorikan produk bioteknologi konvensional dan modern

· Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, kecap, tauco, tempe dll., CD interaktiff bioteknologi.

· Rekayasa gaenetika.

· Menggunakan charta/gambar/ penelusuran internet menemukan proses rekayasa genetika dan agen bioteknologi.

· Melakukan diskusi menemukan urutan proses kegiatan rekayasa genetika.

· Menggali informasi dari berbagai sumber menemukan produk hasil rekayasa genetika.

· Menjelaskan proses rekayasa genetika.

· Mengidentifikasi urutan proses rekayasa genetika

· Memberikan contoh produk hasil rekayasa genetika yang dimanfaatkan dalam kehidupan.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes lisan, tes uraian, tes pilihan ganda

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet

Alat:

OHP/komputer, LCD,

Bahan:

LKS, bahan presentasi, kecap, tauco, tempe dll., Charta/gambar rekayasa genetika.

5.2 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

Peran dan implikasi hasil Bioteknologi.

· Hasil-hasil bioteknologi di berbagai bidang.

· Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan agen-agen bioteknologi, produk dan manfaatnya di berbagai bidang kehidupan secara mandiri.

· Menganalisis manfaat yang diperoleh dari produk-produk bioteknologi yang ditemukan.

· Menidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan.

· Menjelaskan keuntungan dan kerugian diperolehnya produk bioteknologi.

Jenis tagihan:

Tugas individu, ulangan harian.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda.

4 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

Gambar-gambar produk bioteknologi, LKS, bahan presentasi.

· Dampak pemanfaatan bioteknologi

· Menganalisis dampak pemanfaatan produk bioteknologi, seperti makanan yang berasal dari makhluk transgenik, bayi tabung, kultur jaringan, bank sperma dll. dalam kehidupan.

· Membuat usulan alternatif pemecahan masalah atas penggunaan produk bioteknologi yang diduga merugikan kehidupan.

· Membuat produk bioteknologi konvensional, seperi nata de coco, tempe, tauco, cuka dll secara mandiri.

· Menjelaskan dampak pemanfaatan hasil produk bioteknologi di berbagai bidang.

· Membuat usulan atas alternatif dampak penggunaan produk rekayasa genetika, bayi tabung, bank sperma.

· Membuat laporan membuat produk bioteknologi konvensional.

Jenis tagihan:

Tugas Kelompok, unjuk kerja.

Bentuk instrumen

Produk pengamatan sikap, pengamatan unjuk kerja.

2 X 45’

Sumber:

Buku acuan yang relevan, internet.

Alat:

OHP/komputer, LCD.

Bahan:

Gambar-gambar produk bioteknologi, LKS, bahan presentasi

Tidak ada komentar: