S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XII/IPA
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. | Merencanakan percobaan pertumbuhan. · Pertumbuhan dan perkembangan · Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan | · Melakukan kerja praktik perkecambahan biji kacang-kacangan melalui kerja kelompok selama 2-3 hari. · Melakukan analisis dan diskusi hasil pengamatan kerja praktik tentang perkecambahan biji kacang-kacangan. · Mendiskusikan variabel-variabel yang mempengaruhi perkecambahan. | · Menjelaskan ciri-ciri tumbuh dan berkembang. · Membedakan ciri-ciri tumbuh dan berkembang. · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. · Menjelaskan dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. · Menjelaskan variabel-variabel faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja dan pengamatan sikap, tes lisan, tes pilihan ganda, tes uraian. | 4 X 45 ‘ | Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: OHP/komputer, LCD, cawan petri. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, biji kacang hijau, kapas, air |
| · Merancang percobaan | · Merancang percobaan (merumus-kan masalah, menentukan hipote-sis, menentukan variabel, melaku-kan studi literatur, menentukan parameter, menentukan alat dan bahan yang digunakan, membuat rancangan percobaan) melalui kerja kelompok. · Melakukan studi atas penelitian terdahulu, seperti lomba-lomba karya ilmiah remaja, menemukan contoh desain percobaan yang dilakukan | · Menentukan variabel yang berpengaruh dan variabel bebas terhadap percobaan yang dirancang. · Menjelaskan cara kerja/ fungsi alat yang digunakan untuk melakukan percobaan yang akan dibuat. · Menjelaskan rancangan percobaan yang direncanakan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja dan pengamatan sikap. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: OHP/komputer, LCD, cawan petri. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, biji kacang hijau, kapas, air. |
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan | Melaksanakan percobaan pertumbuhan. · Pertumbuhan primer. · Pertumbuhan sekunder. | · Melakukan pengamatan (morpologi, anatomi dan struktur jaringan) daerah ujung, tengah, pangkal akar/batang dan mikroskopis tanaman kecambah/tanaman muda.kacang-kacangan. · Menggali informasi dari literatur membandingkan gambar hasil pengamatan dengan yang ditemukan. · Membandingkan gambar jaringan daerah pertumbuhan primer dengan pertumbuhan sekunder. · Melakukan diskusi kelas menemu-kan perbedaan struktur jaringan daerah pertumbuhan primer dan daerah oertumbuhan sekunder. | · Menjelaskan pengertian pertumbuhan primer/sekunder. · Membedakan ciri-ciri pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. · Menggambarkan struktur jaringan yang mengalami pertumbuhan primer/sekunder. · Menjelaskan akibat adanya pertumbuhan primer/sekunder. · Mengidentifikasi susunan jaringan yang mengalami pertumbuhan primer/sekunder. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: OHP/komputer, LCD, Mikroskop, silet, kaca penutup, kaca objek, pipet, gelas kimia. Bahan: LKS, Bahan Presentasi, kecambah/tanaman muda kacang hijau. |
| · Melakukan percobaan dan pengolahan data hasil eksperimen. | · Melakukan percobaan (mulai dari merakit alat dan bahan, memberi-kan perlakuan), menghimpun data, dan mengolah data hasil percobaan melalui kerja kelompok. | · Melakukan pengamatan atas percobaan yang dibuat. · Menghimpun data percobaan. · Menganalisis data hasil percobaan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: - Bahan: - |
1.3 Mengkomunikasi-kan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. | Mengkomunikasikan hasil percobaan. · Pengaruh interaksi faktor internal dan eksternal pada pertumbuhan. · Mengkomunikasikan hasil percobaan. | · Menganalisis kasus:, seperti rontoknya buah sebelum menjadi besar, gugurnya daun dimusim kemarau, dll. mendiskusikan apa yang menjadi permasalahan dan mengusulkan alternatif pemecahan masalah. · Melakukan diskusi kelas keterkaitan faktor internal dan eksternal pertumbuhan. · Seminar hasil kerja kelompok atas hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan. | · Menjelaskan faktor-faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan. · Membedakan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pertumbuhan. · Menjelaskan keterkaitan antara faktor internal dan eksternal pada pertumbuhan. · Melakukan seminar hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap. Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen: Produk pengamatan sikap, pengamatan unjuk kerja. | 2 X 45’ 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan.. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, bahan presentasi, bahan ajar. Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: Bahan presentasi, bahan seminar. |
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme | Metabolisme. · Kerja/ fungsi enzim. · Sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim. | · Melakukan uji kerja enzim katalase terhadap pengaruh pH, suhu dll pada jantung dan hati ayam melalui kerja kelompok. · Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim dari hasil pengamatan. · Melakukan studi litertatur secara mandiri menemukan sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim. | · Menjelaskan pengertian metabolisme. · Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim. · Menjelaskan cara menguji kerja enzim. · Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme. · Mengidentifikasi ciri-ciri enzim. | Jenis tagihan: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen: Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes lisan, tes pilihan ganda, tes uraian. | 8 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: Tabung reaksi, piala kimia, lumpang, alu, kai tiga, pembakar spiritus, OHP/ komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, hati dan jantung ayam, NaOH, HCl, air, es batu, korek api. |
| | | | | | |
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat. | Katabolisme dan Anabolisme. · Respirasi sel. | · Menganalisis charta/diagram tahapan respirasi aerob dan anaerob melalui diskusi. · Melakukan pengamatan fermentasi gula melalui kerja kelompok. · Merancang kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi (nasi putih, nasi merah, ubi jalar, kentang dll) melalui penugasan individu. | · Menjelaskan tahapan proses respirasi sel. · Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel. · Mengidentidikasi enzim–enzim yang berperan dalam respirasi sel. · Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob. · Merakit alat pengamatan fermentasi gula. · Menjelaskan cara melakukan pengamatan fermentasi gula. · Menjelaskan hasil yang diperoleh dari respirasi aerob dan anaerob. · Menyusun rancangan kegiatan fermentasi dengan bahan substitusi. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: Tabung kaca, sumbat karet, pipa kaca/selang plastik, termometer. Bahan: Ragi, gula, air, fenoftalin |
| | | | | | |
| · Fotosintesa. | · Melakukan Percobaan Ingenhouz dengan berbagai perlakuan (ditutup plastik transparan berbagai warna, perubahan suhu, ditambahkan NaHCO3 dll) melalui kerja kelompok. · Melakukan percobaan Sachs melalui kerja kelompok. · Melakukan studi pustaka /CD interaktif/penelusuran internet tentang tahapan kegiatan fotosintesa; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3-C4 · Mendiskusikan charta tahapan reaksi terang dan reaksi gelap menemukan hasil akhir dari masing-masing tahapan melalui kegiatan diskusi kelas. | · Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya. · Membuktikan bahwa fotosintesa menghasilkan amilum, oksigen. · Menjelaskan tahapan reaksi fotosintesa; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3-C4. · Menemukan tempat terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan., internet. Alat: OHP/komputer, LCD, Piala kimia, corong, tabung reaksi, plat tetea, pipet. Bahan: Hydrilla, NaHCO3, air, es batu, platsik berwarna, alkohol. KI, Benedict, Biuret, CD interaktif fotosintesa. |
| · Kemosintesis | · Melakukan studi literatur/penelusuran internet menemukan berbagai bakteri yang melakukan kemosintesis karbohidrat/senyawa kimia lain. · Diskusi kelas menggunakan charta kemosintesa berbagai bakteri menemukan hasil sintesanya. | · Menemukan bakteri yang melakukan kemosintesa karbohidrat/senyawa kimia lain. · Menemukan hasil-hasil kegiatan kemosintesa yang dilakukan bakteri. | Jenis tagihan: Tugas Individu, unjuk kerja, ulangan harian. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan presentasi, Charta kemosintesa bakteri. |
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom | DNA, gen dan kromosom · Struktur, sifat, fungsi DNA, gen dan kromosom. · Struktur , sifat dan fungsi RNA. | · Mengkaji dari literatur/ penelusuran internet/CD interaktif mengenai gen, DNA dan kromosom secara indiividual. · Membuat /menghimpun gambar struktur kromosom, gen dan DNA, RNA. · Membuat model DNA dengan bahan-bahan sederhana melalui tugas kelompok. · Melakukan diskusi kelas tentang struktur, sifat, fungsi DNA, gen dan kromosom. | · Membedakan gen, DNA dan kromosom. · Menjelaskan fungsi gen, DNA dan Kromosom. · Mendeskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya. · Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA. · Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, gamabar struktur DNA, kromosom, RNA, CD interaktif gen dan kromosom. |
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan sintesis protein | Sintesis Protein · Hubungan DNA-RNA-Polipeptida | · Menganalisis hubungan DNA-RNA-polipeptida dan sintesis protein menggunakan charta. · Mengkaji gambar/charta/CD interaktif/penelurusan internet proses replikasi dan transkripsi DNA. · Mendiskusikan hubungan transkripsi DNA dengan sintesa protein. | · Menjelaskan hubungan DNA-RNA-polipeptida. · Mengurutkan proses tahapan sintesis protein. · Menjelaskan proses replikasi dan transkripsi DNA. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, gambar/charta transkripsi, CD interaktif. |
| · Sintesis Protein · Kode genetika | · Mengkaji charta/gambar/penelusuran internet menemukan urutan proses sintesis protein. · Mengkaji literatur tentang kode genetika. · Melakukan diskusi kelas menemukan hubungan antara kode genetik dan sintesis protein. | · Menjelaskan proses penyampaian kode genetika. · Menjelaskan peran dan bagian-bagian yang terlibat dalam sintesis protein. · Menemukan macam-macam kode genetik. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semster, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan | 2X45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, gambar/charta tsintesa protein, CD interaktif. |
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat. | Reproduksi sel · Mitosis · Meiosis | · Melakukan pengamatan mikroskopis pembelahan mitosis sel akar bawang merah melalui kerja kelompok. · Mendiskusikan tahapan, ciri-ciri dan tempat terjadinya mitosis dan meiosis dari kajian gambar/ literatur. · Membandingkan proses, tahapan, fungsi mitosis dan meiosis menggunakan gambar/ charta. | · Mengidentifikasi sel yang akan bereprodukasi. · Menjelaskan urutan tahapan mitosis. · Mengidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis. · Menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mengalami mitosis. · Menjelaskan urutan tapahan meiosis. · Mengidentifikasi ciri-ciri tahapan meiosis. · Membedakan proses, tahapan, tempat terjadinya, fungsi pembelahan mitosis dan meiosis. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan unjuk kerja, pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat : OHP/komputer, LCD, Mikroskop, silet, cawan petri, gelas kimia. Bahan: LKS, bahan presentasi, bawang merah, asetokarmin, gambar mitosis, meiosis,. |
| · Gametogenesis. | · Membandingkan berbagai gambar/charta gametogenesis pada berbagai hewan dan tumbuhan yang dikaitkan dengan pewarisan sifat. · Melakukan diskusi kelas menemukan keterkaitan gametogenesis dengan pewarisan sifat. | · Menjelaskan gametogenesis terkait dengan pewarisan sifat. · Membedakan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan. Bentuk instrumen Produk pegamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat : OHP/komputer, LCD, Mikroskop, silet, cawan petri, gelas kimia. Bahan: LKS, bahan presentasi, gambar/ charta gametogenesis. |
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat. | Prinsip hereditas dan mekanisme pewarisan sifat. · Hereditas Mendel. | · Menyaksikan film/VCD tentang usaha Mendel menemukan prinsip-prinsip hereditas. · Menemukan hukum-hukum Mendel dalam persilangan hewan, tumbuhan dan manusia melalui kegiatan diskusi. | · Menemukan hipotesa yang diajukan Mendel tentang pewarisan sifat. · Menerapkan hukum Mendel menentukan ratio perbandingan fenotip dan genotip keturunan. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, Tugas Individu, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan/kuis. | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: VCD/CD player, OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, CD/Video tentang Mendel. |
| · Penyimpangan semu Hukum Mendel. | · Mengkaji literatur dan menganalisis tentang berbagai penyimpangan semu hukum Mendel, seperti atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis, melalui kerja kelompok dan diskusi kelas. · Melakukan penyilangan tanaman bunga sejenis yang tersedia di halaman sekolah melalui kerja kelompok. | · Menjelaskan penyebab penyimpangan-penyimpangan semu hukum Mendel. · Menjelaskan macam-macam penyimpangan semu hukum Mendel dengan aplikasinya. · Menerapkan penyilangan secara teoritis penyimpangan semu hukum Mendel. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekolah. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, bermacam-macam tanaman bunga. |
| · Pola-pola hereditas. | · Menemukan dari literatur/charta adanya pola-pola hereditas, seperti tautan, tautan seks, determinasi seks, gen letal, nondisjungsi, dll. melalui kerja kelompok . · Melakukan diskusi kelas menemukan perbedaan antara pola hereditas yang satu dengan yang lainnya. | · Menjelaskan berbagai pola-pola hereditas, seperti tautan, pindah silang, gen ltal, nondisjungsi dll. · Membedakan pola hereditas yang satu dengan lainnya, seperti tautan dengan pindah silang, tautan seks dengan gen letal. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamattan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta pola-pola hereditas. |
| · Hereditas pada manusia. | · Menganalisis dari bahan literatur atas cacat, penyakit, kelainan pada manusia, seperti buta warna, albino, hemofili, gangguan mental, dll. bagaimana cara mempelajari pola pewarisan , pewarisan sifat dan cara menghindarinya melalui kerja kelompok dan diskusi kelas. · Mengaplikasi dengan perhitungan teoritis menemukan ratio kemungkinan terjadinya pewarisan sifat pada manusia. | · Menjelaskan bagaimana usaha mempelajari pola pewarisan sifat pada manusia. · Mengidentifikasi cacat, penyakit, kelaianan, dan pola pewarisannya pada manusia. · Menjelaskan cara-cara menghindari terjadinya pewarisan sifat yang merugikan. · Mengaplikasi perhitungan ratio terjadinya pewarisan sifat pada manusia. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, charta pola-pola hereditas. |
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas | Mutasi dan implikasinya. · Macam mutasi dan penyebabnya. · Mutasi alami dan mutasi buatan. · Dampak mutasi. | · Melakukan kajian literatur/ penelusuran internet/CD interakftif menemukan macam-macam mutasi dan penyebabnya. · Menganalisis gambar mutasi yang terjadi pada kromosom dan gen menemukan aneka ragam mutasi melalui kerja kelompok. · Menghimpun hasil mutasi yang pernah dibuat manusia, menganalisis keuntungan dan kerugiannya. · Melakukan diskusi kelas tentang mutasi dan implikasinya dalam kehidupan. | · Menjelaskan macam mutasi dan penyebabnya. · Mengidentifikasi ragam mutasi pada kromosom dan gen. · Menjelaskan berbagai mutasi yang dihasilkan manusia, dengan teknologi yang digunakan. · Menjelaskan keuntungan dan kerugian dari berbagai peristiwa mutasi. · Menjelaskan implikasi terjadinya mutasi bagi kehidupan. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, bahan presentasi, gambar-gambar mutasi gen dan kromosom |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XII/IPA
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
4.1 Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi biologi | Teori, prinsip, dan mekanisme evolusi. · Teori-teori evolusi. | · Melakukan kajian literatur menemukan berbagai teori mengenai evolusi dari berbagai ahli. · Membandingkan berbagai teori dari beberapa ahli menemukan persamaan dan perbedaan pandangan yang dikemukakan. · Melakukan diskusi kelas merefleksi diri akan kebenaran teori evolusi. | · Menjelaskan berbagai teori evolusi. · Menjelaskan pokok-pokok pikiran teori evolusi Darwin. · Menemukan persamaan dan perbedaan pandangan para ahli tentang evolusi. · Menilai kebenaran teori evolusi menurut pandangan masyarakat. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, , unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, Bahan presentasi. |
| · Faktor, petunjuk pendukung evolusi. | · Melakukan kajian dari charta/gambar bukti-bukti evolusi berdasarkan pendapat seorang ahli menemukan faktor dan petunjuk adanya evolusi . · Melakukan diskusi kelas atas petunjuk evolusi berupa fosil, homologi, embriologi perbandingan dll. | · Menemukan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya evolusi. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulanga akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, Bahan presentasi, gambar/ charta bukti-bukti evolusi |
| · Mutasi dan evolusi. | · Melakukan kajian literatur menemukan kaitan antara mutasi dan evolusi disertai gambar-gambar pendukung melalui kerja kelompok. · Mendiskusikan hubungan mutasi dan evolusi berdasarkan petunjuk-petunjuk/bukti-bukti yang dikemukakan para ahli. | · Mendeskripsikan keterkaitan antara mutasi dan evolusi. · Memberikan argumentasi keterkaitan mutasi dan evolusi. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, Bahan presentasi, gambar/ charta bukti-bukti evolusi. |
| · Mekanisme evolusi. | · Mengkaji hukum Hardy-Weinberg menemukan prinsip-prinsip mekanisme terjadinya evolusi melalui kerja mandiri. · Mendiskusikan mekanisme evolusi sampai diperolehnya spesies baru (spesiasi). | · Menjelaskan prinsip-prinsip dasar hukum Hardy-Weinberg. · Menerapkan hukum Hardy-Weinberg secara teoritis melalui contoh perhitungan matematis. · Menjelaskan proses spesiasi | Jenis tagihan: Tugas Individu, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda, tes lisan. | 3 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, Bahan presentasi, gambar/charta bukti-bukti evolusi. |
4.2 Mengkomunikasi-kan hasil studi evolusi | Melakukan studi tentang evolusi. · Merencanakan kegiatan studi. | · Merancang kegiatan studi mengenai fosil : studi pustaka/studi lapangan (waktu, biaya, tujuan, materi kajian, dsb.) melalui kerja kelompok. | · Menyusun proposal studi mengenai fosil. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: LKS, Bahan Presentasi. |
| · Mengkomunikasikan hasil studi. | · Melakukan seminar hasil studi mengenai fosil melalui kerja kelompok. | · Melakukan seminar hasil studi tentang fosil. · Membuat laporan hasil studi tentang fosil. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen Produk Pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: Bahan Presentasi. |
| · Membuat fosil. | · Membuat fosil buatan dari bahan-bahan sederhana melalui kerja kelompok. | · Mendisain dan membuat karya fosil buatan. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen Produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: Bahan Presentasi, lilin, plastisin, fiber dll. |
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi | Kecenderungan baru teori evolusi. · Teori asal usul kehidupan. | · Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan kapita selekta (pendapat, pandangan) tentang asal-usul kehidupan di muka bumi (teori abiogenesis sampai teori evolusi biokimia). · Melakukan diskusi kelas mengkaji berbagai pandangan para ahli , seperti Louis Pasteur, Harolrd Urey, AI Oparin, dsb .tentang asal-usul kehidupan. · Refleksi diri atas teori asal-usul kehidupan dengan nilai-nilai moral dan agama. | · Menjelaskan asal-usul kehidupan di bumi secara ilmiah dari berbagai pandangan/teori. · Menjelaskan usaha para ahli membuktikan kebenaran ilmiahnya mengenai asal-usul kehidupan. · Menilai kebenaran ilmiah mengenai asal-usul kehidupan. | Jenis tagihan: Tugas individu, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk Pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap. | 6 x 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD Bahan: LKS, Bahan presentasi, Video/CD interaktif. |
| · Kecenderungan baru tentang teori evolusi. | · Menyaksikan VCD/CD Harun Yahya atas pandangannya mengenai teori evolusi. · Membuat argumentasi atas pandangan Harun Yahya dan Charles Darwin tentang teori evolusi. | · Menjelaskan pandangan baru tentang perkembangan teori evolusi. · Menjelaskan pandangan Harun Yahya atas teori evolusi. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer,LCD, CD/VCDplayer. Bahan: Bahan Presentasi, CD/VCD Harun Yahya tentang evolusi. |
Standar Kompetensi : 5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi. | Bioteknologi · Arti dan Prinsip dasar Bioteknologi. | · Menganalisis berbagai produk hasil bioteknologi, seperti kecap, tauco, tempe dll menemukan arti dan prinsip dasar bioteknologi melalui diskusi kelas. · Menggali informasi melalui VCD/CD/gambar-gambar/charta tentang proses pembuatan kecap/tauco/tempe. · Diskusi kelas tentang prinsip arti dan prinsip dasar Bioteknologi. | · Menjelaskan arti Bioteknologi. · Menjelaskan prinsip-prinsip dasar bioteknologi. · Menjelaskan nilai tambah yang diperoleh atas pengembangan Bioteknologi. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. | 6 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan. Alat: OHP/komputer, LCD, CD/VCD player. Bahan: LKS, kecap, tauco, |
| · Jenis-jenis Bioteknologi. | · Mendiskusikan jenis-jenis bioteknologi yang berkembang dari masa lalu sampai sekarang, dari yang sederhana sampai yang kompleks. · Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan pengembangan Bioteknologi modern. · Membandigkan Bioteknologi konvensional dan modern menemukan persamaan/ perbedaan diantara keduanya. | · Membedakan bioteknologi konvensional dan modern. · Mengkategorikan produk bioteknologi konvensional dan modern · Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, tes lisan. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, kecap, tauco, tempe dll., CD interaktiff bioteknologi. |
| | | | | | |
| · Rekayasa gaenetika. | · Menggunakan charta/gambar/ penelusuran internet menemukan proses rekayasa genetika dan agen bioteknologi. · Melakukan diskusi menemukan urutan proses kegiatan rekayasa genetika. · Menggali informasi dari berbagai sumber menemukan produk hasil rekayasa genetika. | · Menjelaskan proses rekayasa genetika. · Mengidentifikasi urutan proses rekayasa genetika · Memberikan contoh produk hasil rekayasa genetika yang dimanfaatkan dalam kehidupan. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan akhir semester. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes lisan, tes uraian, tes pilihan ganda | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet Alat: OHP/komputer, LCD, Bahan: LKS, bahan presentasi, kecap, tauco, tempe dll., Charta/gambar rekayasa genetika. |
5.2 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. | Peran dan implikasi hasil Bioteknologi. · Hasil-hasil bioteknologi di berbagai bidang. | · Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan agen-agen bioteknologi, produk dan manfaatnya di berbagai bidang kehidupan secara mandiri. · Menganalisis manfaat yang diperoleh dari produk-produk bioteknologi yang ditemukan. | · Menidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan. · Menjelaskan keuntungan dan kerugian diperolehnya produk bioteknologi. | Jenis tagihan: Tugas individu, ulangan harian. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, tes uraian, tes pilihan ganda. | 4 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: Gambar-gambar produk bioteknologi, LKS, bahan presentasi. |
| · Dampak pemanfaatan bioteknologi | · Menganalisis dampak pemanfaatan produk bioteknologi, seperti makanan yang berasal dari makhluk transgenik, bayi tabung, kultur jaringan, bank sperma dll. dalam kehidupan. · Membuat usulan alternatif pemecahan masalah atas penggunaan produk bioteknologi yang diduga merugikan kehidupan. · Membuat produk bioteknologi konvensional, seperi nata de coco, tempe, tauco, cuka dll secara mandiri. | · Menjelaskan dampak pemanfaatan hasil produk bioteknologi di berbagai bidang. · Membuat usulan atas alternatif dampak penggunaan produk rekayasa genetika, bayi tabung, bank sperma. · Membuat laporan membuat produk bioteknologi konvensional. | Jenis tagihan: Tugas Kelompok, unjuk kerja. Bentuk instrumen Produk pengamatan sikap, pengamatan unjuk kerja. | 2 X 45’ | Sumber: Buku acuan yang relevan, internet. Alat: OHP/komputer, LCD. Bahan: Gambar-gambar produk bioteknologi, LKS, bahan presentasi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar